oleh

Batu Raksasa Tutup Jalan

**Di Ganeas Tebing Longsor

JATINUNGGAL – Batu berukuran besar nyaris tutup jalan utama (Jalan Provinsi) Kecamatan Jatinunggal, Minggu, (09/4) sekitar pukul 18:30 Wib. Bongkahan batu berukuran cukup besar itu terbawa longsor dan menimpa Jalan Provinsi di Dusun Babakan, Blok Gandasari atau yang dikenal dengan tanjakan Ciwangi kawasan Desa Kirisik, Kecamatan Jatinunggal.

Informasi yang dihimpun Sumeks, hal itu disebabkan intensitas curah hujan sangat tinggi. Sehingga terjadi pengikisan pada tebing yang tingginya kurang lebih 5 meter sehingga batu yang awalnya berada di tebing tersebut dan terikat oleh akar pohon akhirnya tergerus longsor.

Dikatakan, Kepala Desa Kirisik, Papat, bahwa kondisi tebing yang panjangnya sekitar 150 meter ini memang perlu dilakukan pembangunan tembok penahan tebing (TPT). Sebab tebing tersebut berada di lokasi yang ramai lalu lintas karena posisi jalan tersebut jalan provinsi.

“Memang perlu ada pembangunan TPT di sepanjang tebing ini, karena sifatnya sangat emergency,” katanya kepada Sumeks, saat berada di lokasi longsor, Senin (10/4).

Dia menambahkan, longsor yang saat ini terjadi tidak menutup kemungkinan akan kembali terulang saat hujan dengan intensitas tinggi. Hal itu dikhawatirkan akan menimbulkan sesuatu hal yang lebih patal bahkan sampai menelan korban jiwa.

“Saya khawatir kondisi seperti ini kembali terulang, jadi diharapkan pihak terkait dapat segera mengatasinya,” kata dia.

Camat Jatinunggal, Ate Hadan menyebutkan, bahwa saat ini pihak muspika beserta desa dan warganya sudah bergerak dengan cara gotong royong untuk menindak lanjuti bencana longsor yang terjadi di desa tersebut.

“Yang jadi kendala hanya batu besar ini saja, tapi kita saat ini sedang berupaya untuk memecahkan batu ini,” katanya

Dalam hal ini, kondisi longsor juga dikeluhkan oleh pengguna jalan karena melihat kondisi longsoran yang mengenai badan jalan tersebut, pengguna jalan saat ini jadi tidak nyaman melintas di kawasan itu karena khawatir ada longsor susulan.

“Jalan ini padahal akses jalan penting yang menghubungkan, antara Kabupaten Sumedang dan Majalengka diharapkan ada perwatan maksimal termasuk penerangan jalannya,” kata salah satu pengguna jalan, Kurniawan.

Di Ganeas, tepatnya di Dusun Cibogo RT 03 RW 04, Desa Sukaluyu tebing setinggi lima meter longsor karena hujan deras. Warga dibantu TNI dan Polri ikut membersihkan material longsor dari jalan.

Kasubag Humas Polres Sumedang, AKP Dadang Rostia membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, polisi Babhinkamtibmas Desa Sukaluyu, Bripka Tono Hidayat langsung memantau ke lokasi dan melakukan pembersihan material bersama warga setempat. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed