oleh

Objek Wisata Mampu Tingkatkan PAD

DARMARAJA – Pemerintah Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja, akan meningkatkan Penghasilan Asli Daerah (PAD). Selama ini, hasil dari pengelolaan tanah carik desa masih cenderung acak-acakan, sehingga pemerintah desa akan menarik retribusi dari hasil pengelolaan tanah carik tersebut.

Nantinya, akan langsung dikumpulkan kepada desa untuk dijadikan PAD desa, yang nantinya bisa untuk kesejahtraan prangkat atau pembangunan desa.

Kepala Desa Tarunajaya, Eman menyebutkan, bahwa PAD di desanya saat ini masih belum maksimal. Namun pada dasarnya banyak potensi yang bisa digali untuk memaksimakan PAD tersebut. Hanya saja perlu ada penertiban dulu dari segi aturan desanya, dan mensosialisasikan kepada masyarakat yang mengolah tanah carik desa.

“Kita saat ini sedang berupaya untuk melakukan penertiban terhadap para pengelola tanah carik desa dulu,” katanya.

Ia mengatakan, apalagi saat ini desa tersebut punya potensi wisata yang tinggi dengan adanya Waduk Jatigede. Potensi tersebut tentu akan semakin berkembang dari tahun ke tahunnya. Hanya saja dalam hal ini, perlu ada ikut campur tangan pemerintah daerah, provinsi maupun pusat, untuk melakukan penataan di wilayah waduk yang bisa jadi penunjang berkembangnya wisata.

“Desa Tarunajaya ini merupakan desa penyangga wilayah genangan. Jadi potensi wisata air Waduk Jatigede jelas nampak di sini,” ujarnya.

Kades menyebutkan, untuk kedepannya wisata-wisata yang ada di desanya diupayakan ada retribusi yang masuk kepada pihak desa, dan wisata itu juga akan dipegang badan usaha milik desa (Bumdes), yang nantinya setiap kebutuhan wisata akan ditampung bumdes, dan bumdes minta ke desa.

“Ya, nantinya wisata ini akan kita kembangkan lebih besar lagi kalau pengelolaannya udah sama desa,” tuturnya.

Namun untuk saat ini, wisata di desa tersebut seperti di Dusun Ciduging, masih terganjal oleh akses jalan yang buruk, dan minimnya akses jalan menuju wilayah besisir waduk. Oleh sebab itu, pemerintah desa saat ini masih memprioritaskan Dusun Cidunging untuk pembangunan fisik terutama jalan. Hal itu tentunya untuk mendukung wisata yang ada, dan dampaknya warga di dusun lain juga akan terbantu dari segi ekonomi. Karena dengan berkembangnya wisata tersebut, semua warga bisa membuka usaha di tempat itu.

“Tahun ini juga kita masih membidik Ciduging untuk pembangunan jalannya,” pungkasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed