oleh

Relawan Galang Dana untuk Suriah

KOTA – Para relawan yang merupakan gabungan dari Garuda Institute, Mojang Jajaka Sumedang, dan Sumedang Youth and Students Club, serta pemuda-pemudi Sumedang lainnya mengadakan sebuah aksi kemanusiaan sebagai bentuk respon kepedulian terhadap keadaan warga Suriah. Acara yang digelar di area Car Free Day itu cukup menyedot animo pengunjung.

Rangkaian agenda dalam aksi kemanusiaan yang dilakukan adalah orasi kemanusiaan, pembacaan puisi, freeze mob, penggalangan dana, bakti sosial, dan pembagian stiker PRAY 4 IDLIB.

“Aksi penggalangan dana itu merupakan bentuk kepedulian kami terhadap kondisi Suriah saat ini.
Penggunaan senjata kimia oleh rezim Asad jelas merupakan sebuah kejahatan perang, apalagi yang menjadi korban adalah anak-anak,” kata Destryana Riffandi, penggiat komunitas Sumedang Youth and Students Club.

Sampai saat ini, lanjut Destryana, korban perang yang meninggal sudah mencapai 500 ribu jiwa. Konflik yang berlangsung di Suriah sudah makin memanas sejak tahun 2013 lalu. Baru-baru ini, pada 4 April 2017 terjadi lagi penggunaan senjata kimia yang digunakan dalam perang saudara di Suriah.

Menurut informasi yang disampaikan Menteri Kehakiman Turki, dalam serangan tersebut kurang lebih 70 orang tewas di Idlib, wilayah yang berbatasan dengan Turki. Dari hasil otopsi juga didapatkan informasi bahwa terdapat jejak senjata kimia pada para korban. Diantara para korban yang tewas terdapat 20 anak-anak.

“Saya berharap konflik di Suriah akan cepat selesai, dan para pelaku kejahatannya segera diberikan hukuman yang setimpa. Untuk para korban, jangan putus harap, dunia bersamamu, Allah bersama kalian,” ujar Aneu Putri, Mojang Sumedang 2015.

Dari penggalangan dana sampai hari Minggu, 16 April 2017 sudah terkumpul bantuan sebesar Rp. 1.514.200,00. Diluar bantuan sejumlah uang tersebut, sudah ada beberapa penyumbang yang mengonfirmasi akan memberikan bantuan langsung baik berupa pakaian maupun uang tunai.

Ricky Alamsyah, Presiden Direktur Garuda Institute juga menyampaikan, respon positif yang masyarakat berikan khususnya warga Sumedang telah melebihi ekspektasi kami. Hal ini membuktikan bahwa antusiasme dan kepedulian masyarakat terhadap kondisi warga Suriah cukup tinggi.

“Kedepannya, semoga diberikan kesempatan untuk mengadakan diskusi publik singkat mengenai kronologi konfik di Suriah dengan maksud agar masyarakat lebih memahami dan dapat mengambil pelajaran darinya,” katanya.

Bantuan untuk warga Suriah ini akan terus dibuka sampai 30 April 2017.  Bantuan dapat dikirimkan kepada; BRI : 0094-01-055880-50-1 a/n Finny Dwi Nurdinanty, Mandiri Syariah : 7076617222 a.n Florinda Moira Garnet, PUSKOMDA Jawa Barat : Jl. Kol. Ahmad Syam, Gg. Hj. Nena. RT 003 RW 004. Komplek Masjid Ar Rahman, Desa Cikeruh, Jatinangor, Sumedang 45363. PKPU Bandung : Jl. Cikutra No. 138, Cikutra, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40124. (rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed