oleh

Yadi Didukung Paguron Silat

KOTA – Dukungan terhadap Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Sumedang, Yadi Mulyadi, untuk maju di Pilkada Sumedang 2018 mendatang terus bermunculan. Sekjen PDIP ini baru saja mendapat dukungan dari 32 paguron silat di Kabupaten Sumedang untuk maju di Pilkada 2018.

Ke 32 paguron tersebut, tergabung kedalam Wadia Balad Gagak Lumayung, yang baru saja dikukuhkan oleh Yadi Mulyadi di Graha Insun Medal (GIM), pada Minggu (7/5).

“Karena memang kang Yadi ini masih keluarga besar gagak lumayung. Jadi, di kita itu ada filosofi kapamukan (Kajawaraan). Yang artinya setiap kader gagak lumayung, wajib salah seorang dari para pamuk (Jawara/satria) harus jadi panggede. Kalau dari segi sejarah, pamuk itu adalah pemimpin,” kata pupuhu pamuk gagak lumayung Sumedang, Muhamad Andi Lesmana, kepada Sumedang Ekspres, Minggu (7/5).

Andi mengatakan, pihaknya akan loyal untuk mendukung, selama calon pemimpin yang didukungnya selalu jujur dan tidak berkhianat. “Sebagai mana yang tadi di ikrarkan saja, selama dua dasar kejujuran dan tidak khianat, maka harga mati bagi kami untuk mendukungnya,” ujarnya.

Sementara itu, Yadi mengaku bangga ketika dirinya turut dikukuhkan menjadi pembina salah satu pengurus Widia Balad Gagak Lumayung Kabupaten Sumedang. Ia juga mengajak, kepada masyarakat Sumedang untuk bisa melestarikan kebudayaan Sunda asli Sumedang.

“Hari ini pertama kita harus bisa menunjukan Sumedang Puser Budaya Sunda. Bagaimana Sumedang busa lestarikan budaya-budaya tradisional seperti tarawangsa, kuda renggong dll,” kata Yadi.

Sebagai pejabat publik dan kader partai PDIP, Yadi menyebutkan dirinya memiliki keberpihakan untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan tradisional yang dimilikioleh Kabupaten Sumedang.

“Kami mengimbau kepada Pemda untuk memberikan bimbingan dan binaan kepada seluruh komunitas seni budaya tradisional. Agar bisa tetap berkembang ditengah-tengah persaingan jaman yang telah modern ini,” tutur Yadi. (bay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed