oleh

Hari Pertama Pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2017

**Masih Banyak Pengendara Tak Patuh Aturan

Di hari pertama pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2017 yang dilaksanakan jajaran Polres Sumedang Selasa (9/5) kemarin, membuahkan hasil. Giat yang digelar di sekitar Bundaran Binokasih Sumedang Selatan itu berhasil menjaring puluhan pengendara roda dua maupun roda empat terjaring operasi. Berikut liputannya.

ASEP HERDIANA, Kota

BAHKAN kendaraan roda dua yang kemudikan pelajar tanpa dilengkapi dengan surat surat langsung ditarik pihak kepolisian.

“Terpaksa kami tarik dahulu, karena kalau hanya diberi bukti pelanggaran dan motornya dipakai lagi takut membahayakan selama berlalulintas,” terang Kasat Lantas Polres Sumedang AKP Erwan Dwiyanto melalui KBO Iptu Dana Sutisna kemarin.

Dijelaskan Dana operasi Patuh Lodaya 2017 ini berlangsung 14 hari mulai 9 Mei hingga 22 Mei dan dilakukan secara serempak.

Ditambahkan Dana operasi ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan jelang datangnya bulan ramadhan, sehingga diharapkan saat puasa dan lebaran nanti para pengendara sudah nyaman dan tidak lagi melakukan pelanggaran pelanggaran.

“Pemeriksaan dilakukan terhadap kelayakan kendaraan maupun surat surat dan kelangkapan lainnya,” terangnya seraya menambahkan dengan lengkapnya kendaraan diharapkan tingkat kecelakaan dapat ditekan.

Menurut Dana pemeriksaan terhadap kendaraan dan surat surat kendaraan ini bukan semata mata untuk kepentingan kepolisian namun untuk kepentingan para pengendara sendiri dalam mengemudi.

“Kalau semuanya lengkap, kan pengendara juga nyaman dalam membawa kendaraannya,” tandas Dana Sutisna.

Lebih lanjut dikatakan Dana, dihari pertama pelaksanaan operasi Patuh Lodaya 2017 ini pelanggaran yang paling banyak dilakukan pengendara sepeda motor, jenis pelanggaran macam macam, ada yang tidak punya sim, lampu tidak menyala, pajak kendaraan tidak dibayar, kelayakan kendaraan tidak sesuai standar.

“Ada pengendara yang menggunakan knalpot tak sesuai standar kita kenakan juga pelanggaran, “ tandasnya.

Selain itu ada juga kendaraan roda empat yang terkena pelanggaran, seperti menyalahi trayek serta beberapa kendaraan yang tak dilengkapi surat surat.

Dalam kesempatan tersebut Iptu Dana Sutisna juga menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi aturan lalulintas, karena dengan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan tingkat kecelakaan dapat dihindari. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed