oleh

Atlet Popwilda Keluhkan Minimnya Anggaran

**Sewa Penginapan dari Kantong Pribadi

KOTA – Cabang Olahraga (Cabor) peserta Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (Popwilda) wilayah III, Jawa Barat asal Sumedang mengeluhkan minimnya dana yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten untuk kegiatan tersebut. Pasalnya, dana yang diberikan oleh Pemda melalui Dinas Pariwisata dan Olahraga hanya senilai Rp 60 juta dan dana tambahan dari Bupati Rp 20 juta.

Sedangkan dana tersebut harus dibagi rata untuk anggota kontingen yang berangkat terdiri dari 140
orang atlet dan pelatih serta 25 orang official dari 8 cabang olahraga.

“Dana segitu dibagi 8 Cabor diantaranya Voly, Bulutangkis, Pencak Silat, Bola Basket, Sepak Takraw, Tenis Lapangan, Tenis Meja, dan Sepak Bola. Untuk penginapan, uang saku dan akomodasi saja tidak cukup, hanya cukup untuk bensin saja ”papar salah seorang ketua Cabor yang enggan disebut namanya, kepada Sumeks, Jumat (12/5).

Lebih lanjut, sebelum keberangkatan dari tiap cabor sudah melakukan persiapan dari jauh hari. Otomatis biaya training centre juga menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas atlit, tim pelatih juga memberikan makanan asupan gizi berupa suplai makanan tambahan yang lagi-lagi dibiayai oleh pribadi.

“Kalau mau jujur, uang segitu cuma cukup untuk membiayai latihan kami selama seminggu saja. Namun meskipun demikian, kami dalam Popwil ini akan habis-habisan demi meraih pretasi, demi nama baik Sumedang,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga, Endah Kusyaman mengakui, minimnya anggaran pada kegiatan tersebut. Ia mengungkapkan, awalnya pengajuan dana untuk Popwil senilai Rp250 juta sesuai dengan anggaran Popwil tahun sebelumnya. Namun terkena rasionalisasi anggaran sehingga pada akhirnya hanya disetujui Rp60 juta saja.

“Awalnya kami ajukan Rp 250 juta, seperti tahun kemarin, tapi keuangan tidak memadai. Akhirnya hanya tersedia Rp 60 Juta saja, dan Rp 20 juta bantuan dari pa Bupati,” lanjutnya.

Seperti diketahui Kabupaten Sumedang mengirimkan kontingennya untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (POPWILDA) wilayah III Jawa Barat Tahun 2017 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Pangandaran pada tanggal 15-19 Mei 2017. Popwilda di Pangandaran ini atas dasar hukum Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Lalu, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2005 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2005 Tentang Penyelenggaraan Pekan Olahraga Dan Kejuaraan Olahraga, Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Keolahragaan. (her)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed