Ade Irawan Siapkan Kejutan

Ade Irawan Siapkan Kejutan

SALAM KOMANDO: Ade Irawan bersama pengusaha asal Sumedang, Bunda Niknik dalam sebuah acara. (IMAN NURMAN/SUMEKS)

PEWARTA: Iman Nurman

KOTA – Mantan Bupati Sumedang Ade Irawan mengapresiasi koalisi PDIP-Golkar Sumedang yang mengusung Irwansyah Putra-Sidik Jafar. Ade pun tidak heran karena di politik itu dinamis. “Prediksi saya ternyata benar, IP-SJ berpasangan. Ya tentu saya ucapkan selamat dan mudah-mudahan sampai bisa ke KPUD,” ucapnya ketika dihubungi via telepon, kemarin.

Menurut Ade Irawan, diusungnya SJ sebagai calon dari Golkar, maka otomatis calon lainnya harus mengubah strategi, termasuk Eka Setiawan. “Kalau tidak ada parpol yang ngusung, saya sarankan Eka Setiawan maju lewat independen,” katanya.

Masih menurut Ade Irawan, jelang Pilkada Sumedang, dalam waktu dua tiga bulan mendatang, akan terjadi kejutan-kejutan lagi. “Politik ini kan dinamis, sekarang A besok atau bulan depan bisa Z. Tapi setidaknya, gabungnya kuning-merah (PDIP-Golkar) ini setidaknya jadi galau beberapa calon lainnya,” ucap Dosen Pascasarjana Unpas Bandung ini.

Menurut Ade Irawan, pilkada bukan hanya persoalan menang saja, tapi bagaimana setelah menang. Pasangan itu, katanya, bisa kompak dan satu visi untuk memajukan Sumedang minimal lima tahun ke depan.

“Sekarang sudah ada yang mengklaim si A berpasangan dengan B, si B dengan C, itu sah-sah saja. Tapi politik itu dinamis dan cepat berubah. Saya pernah jadi wabup, bupati, kemudian kalau sekarang ditugaskan jadi cawabup, ya gak apa-apa. Itu berarti takdir politik saya harus seperti itu. Saya enjoy saja, ” tandasnya.

Ade mengaku hingga saat ini ia belum memasang atribut baliho dan sebagainya untuk mempopulerkan dirinya. Sebab, dia masih melakukan analisa SWOT terhadap kandidat yang diprediksi maju, termasuk partai yang diperkirakan berkoalisi.

“Sekarang saya lagi lakukan analisa SWOT dulu. Maju ini kan untuk menang bukan hanya gaya-gayaan, ” ucapnya. Atas dasar itu, kata Ade terus melakukan komunikasi politik dengan para bakal calon bupati lainnya, pimpinan parpol dan tokoh masyarakat di Sumedang.

“Ya sekarang saya banyak silaturahim. Termasuk dengan tokoh Sumedang Bunda Niknik. Selain dermawan, Bunda Niknik juga dekat dengan masyarakat. Saya ucapkan terimakasih kepada Bunda Niknik yang siap mendukung saya,” tandasnya. (imn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.