Agen Properti Diminati Konsumen

Agen Properti Diminati Konsumen

MASUKAN DATA: Staf Agen Properti memasukan data konsumen ke komputer kantornya, kemarin. (SOBAR BAHTIAR/SUMEKS)

PEWARTA: Sobar Bahtiar/iman nurman

KOTA- Broker atau yang biasa disebut sebagai agen properti yang bertugas sebagai penghubung antara penjual dan pembeli, mulai dicari konsumen. Dengan adanya agen properti, proses pememilihan rumah yang sesuai dengan budget menjadi lebih mudah. Mengingat komisi yang cukup besar, yakni 2 hingga 3 persen dari harga rumah.

Seorang agen properti dituntut untuk profesional. Seperti yang dilakukan Sugeng selaku agen properti legal di Kabupaten Sumedang yang sudah bergerak selama 2 tahun dengan alamat kantor di Perum Griya Pesona Alam Blok A3 nomor 2 (Belakang Polsek Sumedang Utara) Sumedang.

Sugeng menuturkan, dirinya melayani beberapa jasa dalam bidang properti. Diantaranya jual beli rumah baru dan secound, tanah kapling, kebun, sawah dan lain sebagainya.

“Kita di sini melayani jual beli properti. Mulai dari rumah, tanah kapling, kebun, dan sawah,” katanya kepada Sumeks ketika didatangi di kantornya, kemarin.

ia juga menjelaskan, jika tidak hanya menjual properti saja, melainkan melayani jasa konstruksi mulai dari mendesign hingga membangun. “Selain jual properti juga kita melayani jasa konstruksi juga, mulai dari design ekterior dan interior hingga membangun juga. Selain itu, kita juga membantu pembuatan sertifikat dan pengurusan KPR,” tuturnya.

Bisnis properti di Kabupaten Sumedang, kata dia, saat ini sedang diramaikan dengan adanya jasa Agency Properti tersebut. Hal itu dapat dilihat dari jumlah penjualan yang dilakukan oleh Sugeng yang dapat mencapai hingga 10 item per bulannya untuk kriteria yang berbeda-beda.

“Alhamdulillah di sini cukup ramai penjualannya. Apalagi setelah dibangunnya Tol Cisumdawu dan Waduk Jatigede. Tiap bulan kita bisa menjual properti hingga sampai 10 item. Mulai dari sawah, kebun dan rumah,” ujarnya.

Segmen pasar Sugeng sebagai Agency Properti ini memang terbuka untuk seluruh kalangan. Namun yang saat ini lebih sering menggunakan jasanya ini adalah masyarakat menengah kebawah. Adapun keunggulan dari Agency Properti ini adalah transaksi berada di notaris langsung. Sehingga dari proses penjualan itu dapat langsung hingga ke proses pensertifikatan atas nama pembeli atau balik nama atas nama pembeli.

“Di sini kita transaksi langsung di notaris. Jadi para pembeli ya bisa langsung urus-urus nama kepemilikannya di situ,” tuturnya menambahkan. (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.