Air Permukaan Jatigede Banyak Sampah

Air Permukaan Jatigede Banyak Sampah

BERSIHKAN: Karyawan Pesona Jatigede saat membersihkan sampah dengan alat seadanya.(ISTIMEWA)

PEWARTA: IGUN GUNAWAN/SUMEKS

DARMARAJA – Seiring dengan naiknya air permukaan bendungan Jatigede, sampah pun mewarnai setiap sudut. Pantauan Sumeks, sampah-sampah itu yang rerata kayu itu diduga berasal terbawa hanyut air bah. Seperti terpantau di Kawasan Perairan di daerah Ciduging, Darmaraja.

“Rerata sampah itu muncul kalau habis hujan besar, kemungkinan terbawa banjir,” keluh Taufik Hidayat pengelola objek wisata di kawasan tersebut.

Karena dapat merusak pemandangan, pihaknya pun telah mengerahkan karyawannya untuk melakukan pembersihan sampah tersebut. ”Namun karena volume sampahnya sangat banyak. Kami tidak mampu menanganinya,” tambahnya.

Dia berharap pemerintah Kabupaten Sumedang dapat turun tangan untuk mengatasi persoalan klasik ketika air permukaan bendungan Jatigede naik, “Kami berharap pemerintah membantu dalam menangani masalah sampah ini. Kalau perlu menggunakan alat berat. Karena kalau tumpukan sampah ini dibiarkan, tidak menutup kemungkinan akan memperpendek usia waduk,” ungkapnya.

Sebagai informasi tumpukan sampah itu pun sempat menghambat petugas tim pencarian korban tenggelam di waduk Jatigede beberapa waktu lalu. Saat ditemkan jenajah korban berada ditumpukan sampah. (ign)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.