oleh

Ajuan Perbaikan Jalan Belum Direspons

SITURAJA – Warga dan Pemerintah Desa Cijati, Kecamatan Situraja, mengeluhkan akses jalan desa yang sudah rusak sejak lama. Akses jalan tersebut sangat diperlukan warga untuk akses jalan pertanian dan faktor pendukung peningkatan ekonomi. Pada dasarnya, masyarakat di desa tersebut sangat menginginkan jalan itu bisa segera diperbaiki.

Dikatakan, Sekertaris Desa Cijati, Kikin, akses jalan Desa Cijati, memang masih banyak yang perlu diperbaiki. Namun sampai saat ini, belum ada respon dari pemerintah, padahal jalan tersebut sudah lumayan lama tidak diperbaiki.

“Sayah rasa akses jalan desa sangat penting untuk meningkatkan perekonomian di masyarakat,” kata Kikin kepada Sumeks, Rabu (4/11).

Sementara itu, perekonomian tidak akan bisa melesat kalau faktor penunjangnya tidak begitu mendukung, salah satunya akses jalan. Oleh sebab itu, pemerintah dalam hal ini perlu berperan penting, sebab kemajuan wilayah sangat bergantung terhadap kepedulian pemerintahnya. “Jalan ini sangat berfungsi, sebagai jalan perekonomian,” ucapnya.

Diduga, kerusakan jalan dipengaruhi adanya kendaraan yang melintas bermuatan melebihi kapasitas. Kikin menggambarkan, seperti adanya truk yang mengangkut batu dan sejenisnya. “Rusaknya jalan dipengaruhi adanya kendaraan bermuatan berat,” ungkapnya.

Selain itu, perbaikan jalan yang panjangnya kurang lebih dua kilometer itu, harus sekalian diperbaiki juga drainasenya. Sebab menjelang musim hujan, akan banyak air yang tumpah ke jalan dan mengakibatkan gerusan terhadap jalan tersebut.

“Kalau mau jalan ini awet setelah diperbaiki, maka drainsenya juga harus diperbaiki,” pungkasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.