Ajuan Perbaikan Tak Direspon, Jalan Rusak Makin Parah

Peliput/Editor: heri purnama/usep adhiwihanda

Ajuan Perbaikan Tak Direspon, Jalan Rusak Makin Parah

RUSAK BERAT: Beberapa anak, sedang memperbaiki jalanan yang rusak di Blok Ciurug, Desa Sukamanah, Jatinunggal, kemarin. (Heri purnama/sumeks)

JATINUNGGAL – Pemerintah Desa Sukamanah, mengaku tidak pernah mendapat bantuan dari Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (P2IP). Oleh sebab itu, pembangunan jalan di desa tersebut terpuruk dan beberapa titik mengalami kerusakan parah. Diantaranya jalan Dusun Sukamanah-Dusun Cibareubeu sekitar 3 kilometer sudah harus diperbaiki.

“Desa ini belum pernah menerima bantuan dari P2IP, meski sudah mengajukan,” ucap Kepala Desa Sukamanah, Didin Cahrodin, saat ditemui di kantornya, kemarin (16/10).

Selain itu, jalan di Blok Ciurug sekitar 1,7 kilometer, belum tersentuh bantuan yang maksimal. Padahal, jalan tersebut mempunyai fungsi yang sangat berpengaruh bagi warag di tiga desa, yaitu Desa Sukamanah, Cipeundeuy dan Cimanintin. Karena akses jalan di Blok Ciurug yang hancur itu, bisa mempersingkat waktu untuk menempuh jarak antara tiga desa tersebut ke Kantor Kecamatan Jatinunggal.

“Perbedaan antara menempuh jalan Blok Ciurug dengan menempuh jalan Cipeundeuy-Kirisik, untuk menuju ke kantor kecamatan lumayan jauh. Jadi banyak warga yang lebih memilih jalan Ciurug,” ucapnya.

Dengan demikian, perekonomian di desa tersebut juga ikut terhambat dengan kondisi jalan seperti itu. Sebab akses jalan itu digunakan untuk akses jalan pertanian, para petani sering keluhkan tingginya biaya angkut hasil dari taninya karena dipengaruhi kondisi jalan.

“Kalau jalan ini bagus, mungkin akan mengurangi beban para petani dalam biaya angkutnya dan perekonomian pun akan sedikit ada perubahan,” kata dia.

Diharapkan, pemerintah Kabupaten Sumedang sudah waktunya melirik akses jalan tersebut, karena sudah sekian lama tidak tersentuh bantuan. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.