Akper Sumedang Gelar PPS

Akper Sumedang Gelar PPS

FOTO BERSAMA: Direktur Akper Sumedang Drs H Dadang Rukmawan MKes dan dosen Akper Sumedang Dahya Wijaya foto bersama sejumlah Panitia PPS, kemarin. (ATEP BIMO ARIO SUTEJO/SUMEKS)

Peliput/Editor: Atep Bimo/Iman Nurman

CIMALAKA – Akademi Keperawatan (Akper) Kabupaten Sumedang, menggelar kegiatan Pengenalan Program Studi (PPS) kepada mahasiswa baru. Kegiatan dilakukan selama empat hari, mulai Senin (28/8) hingga Kamis (30/8), di Kampus UPI Sumedang dan Kampus Akper Pemkab Sumedang.

Pada hari pertama, kegiatan dilakukan di Kampus UPI Sumedang, serta hari kedua dilakukan di Kampus Akper Sumedang, dengan peserta seluruh mahasiswa baru Program Studi (Prodi) yang ada di UPI Sumedang.

Pada hari ketiga, dilakukan terpisah di masing masing program studi. Termasuk yang dilakukan para mahasiswa baru Akper Sumedang. Pada hari keempat (penutupan), kembali dilakukan secara bersamaan di Kampus UPI Sumedang.

Direktur Akper Sumedang Drs H Dadang Rukmawan MKes mengatakan, kegiatan PPS Akper Sumedang dilakukan secara bersamaan dengan mahasiswa baru UPI Sumedang. Pasalnya, tahun ini merupakan masa transisi penggabungan Akper dengan UPI Sumedang.

“Kami berkoordinasi dengan UPI Sumedang, terkait penyelenggaraan PPS atau dalam konsep UPI dikenal dengan istilah Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Mokaku). Termasuk dalam hal kepanitiaan PPS atau Mokaku, pun digabung,” ujar Dadang kepada Sumeks di sela-sela kegiatannya, Rabu (30/8).

Terang Dadang, sebanyak 142 mahasiswa baru Akper Sumedang mengikuti kegiatan PPS/Mokaku. “Seluruh mahasiswa tersebut akan mengenal mata-mata kuliah yang akan mereka pelajari, selama mengikuti perkuliahan di Akper Sumedang,” tambahnya.

Dadang mengatakan, ada beberapa tujuan dari kegiatan PPS atau Mokaku. Di antaranya, mengenalkan kepada mahasiswa baru, bagaimana proses pembelajaran, khususnya di Akper Sumedang dan umumnya di UPI Sumedang.

“Selama proses pembelajaran dan perkuliahan, para mahasiswa baru tidak akan merasa kaget dan kaku, serta mulai terbiasa dengan proses pembelajaran yang berlaku di Akper Sumedang. Sehingga, ketika melakukan proses belajar mahasiswa akan melalui perencanaan yang matang,” terangnya.

Tujuan lainnya, kata dia, memperkenalkan kepada mahasiswa baru, terhadap program-program yang akan dikembangkan di Akper dan UPI Sumedang, serta memupuk kepedulian dan silaturahmi di antara mahasiswa.

“Dan, terpenting yaitu mencegah perilaku-perilaku negatif di mahasiswa nantinya. Seperti, mencontek (plagiat) yang sangat tidak diperbolehkan, narkoba, KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme) dan lain-lainnya. Bahkan, mereka juga sudah membacakan semacam janji untuk tidak berperilaku buruk,” terangnya.

Dengan adanya kegiatan PPS/Mokaku, Dadang mengharapkan, kegiatan PPS dapat berjalan lancar dan sasaran dari PPS sendiri dapat tercapai. Sehingga, kata dia, mahasiswa baru dapat mengikuti seluruh mata kuliah dengan baik ataupun tidak ada yang tertinggal. “Mereka dapat bersama sama dalam melakukan proses belajar, kuliah dengan sukses dan hasil yang optimal,” pungkasnya. (atp)

Komentar

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Hosting Unlimited Indonesia