Akses ke Wisata Harus Mulus

Akses ke Wisata Harus Mulus

UJI NYALI: Sejumlah wisatawan menjajal derasnya sungai di Desa Citepok, Kecamatan Paseh, belum lama ini.(ASEP HERDIANA/JABAR EKSPRES)

PEWARTA: Asep Herdiana/Iman nurman

SUMEDANG – Semangat pemerintah untuk menjadikan Kabupaten Sumedang sebagai daerah tujuan wisata harus dibuktikan. Salah satunya dengan melakukan perbaikan pada ruas jalan yang menuju ke lokasi obyek wisata.

Pasalnya, akses jalan menjadi salah satu kendala dalam pengembangan pariwisata daerah. Tokoh Budaya Sumedang, Achmad Wiriaatmadja mengaku sependapat dengan pemerintah, Kabupaten Sumedang memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata.

Hal itulah yang kemudian mendorong pemerintah daerah berencana menjadikan Kabupaten Sumedang sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Barat. ”Saya sangat sepakat dengan keinginan pemerintah, namun yang terpenting hal itu dibuktikan bukan hanya sekedar wacana,” katanya, belum lama ini.

Salah satu kendala yang dihadapi dalam pengembangan pariwisata kata mantan anggota DPRD Sumedang ini adalah sarana jalan. Kurang layaknya sarana jalan yang menuju lokasi wisata membuat wisatawan mengurungkan niatnya untuk berkunjung.

“Dari sisi potensi kita tidak kalah dengan Kabupaten Bandung, tetapi yang menjadi persoalan akses jalan menuju obyek wisata kurang memadai. Selain itu sarana dan prasarana di lokasi wisata menjadi faktor lain yang menyebabkan lambanya pengembangan wisata daerah,” jelasnya.

Kendala berupa masih belum memadainya akses jalan menuju lokasi wisata disadari betul oleh pemerintah. Karena itu Bupati Sumedang, eka Setiawan dalam satu kesempatan mengungkapkan pembangunan jalan akses obyek wisata harus segera dibenahi. Saat ini kata bupati pembenahan mulai dilakukan pada kawasan wisata yang berada di Kecamatan Sumedang Selatan.

“Pembangunan wisata ini menjadi bagian dari prioritas, karena konsep peningkatan bidang pariwisata dan bisnis jasa. Karena itu akses jalan menuju obyek-obyek wisata sangat penting untuk mendukung dan mendorong kemajuan wisata,” jelasnya Bupati. (her)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.