Akses Pertanian Ranggon Mulus

Akses Pertanian Ranggon Mulus

PERBAIKAN JALAN: Akses pertanian di Blok Pasar Cempa, Dusun Kapunduhan, Desa Ranggon, Kecamatan Darmaraja, belum lama ini telah diperbaiki. (HERI PURNAMA/SUMEKS)

PEWARTA: Heri Purnama/Iman Nurman

DARMARAJA – Akses pertanian di Blok Pasar Cempa, Dusun Kapunduhan, Desa Ranggon, Kecamatan Darmaraja, akhirnya diperbaiki. Jalan yang diidamkan masyarakat sekitar untuk bisa mulus, kali ini diwujudkan pemerintah desa melalui anggaran dana desa (DD) yang dikucurkan pemerintah. Kepala Desa Ranggon, Oo Somantri, jalan tersebut merupakan akses penting untuk perkembangan ekonomi para petani. Dimana akses pertanian ini, sangat menunjang terhadap aktivitas para petani desanya.

“Akses jalan di Blok Pasar Cempa itu memang difokuskan kepada akses pertanian. Dan saat ini jalan itu diperbaiki dengan volume 70 meter kubik dari anggaran dana desa,” ucapnya, Selasa (4/7). Selain itu, akses jalan yang saat ini sudah mulus itu, juga memiliki fungsi untuk aktivitas banyak warga Saat ini pun, blok tersebut menjadi salah satu bidikan warga untuk dijadikan pemukiman. Apalagi dengan banyaknya warga terdampak genangan Waduk Jatigede yang beralih ke dusun tersebut, dengan sendirinya ada pengembangan pemukiman.

“Apalagi saat ini jalan itu menjadi penunjang untuk pengembangan pemukiman, karena banyaknya warga dari wilayah genangan yang beralih ke blok tersebut,” ucapnya. Kades menilai, dengan diperbaikinya jalan tersebut maka akan mempermudah para petani untuk mengangkut hasil taninya dan, menarik minat masyarakat untuk membangun rumah di blok tersebut.

“Kalau ada perkembangan pemukiman, jelas desa ini akan jadi ramai, dan kedepannya tidak menutup kemungkinan bisa meningkatkan pendapatan asal daerah (PAD),” tuturnya. Dikatakan, dengan adanya akses jalan yang mulus, bisa juga mempengaruhi terhadap harga tanah di pinggir jalan yang akan melonjak. Dia mencontohkan, seperti tanah-tanah yang ada di pinggir jalan lingkar, saat ini harga tanahnya bisa mencapai diatas Rp 4 juta. “Jalan yang mulus juga bisa mempengaruhi terhadap harga tanah di pinggirnya,” pungkasnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.