Alasan Kooperatif, Tersangka Tower Belum Ditahan

KOTA- Kejaksaan Negeri Sumedang belum menahan tersangka kasus sewa Tower Radio eRKs milik Pemkab Sumedang. Lantaran, pihak Kejaksaan Negeri Sumedang menilai para tersangka koperatif.

Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Sumedang, Deni Marinca SH,Ia menjelaskan ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan penyidik dalam melakukan penahanan, dalam hal ini asas praduga tak bersalah kepada tersangka.

“Penyidik tidak akan semena-mena melakukan penahanan karena harus penuh pertimbangan. Kecuali para tersangka misalnya tidak kooperatif dan dikhawatirkan dapat menghilangkan alat bukti,” tegasnya.

Saat ini, kata dia, tim penyidik tengah melakukan penelusuran dan pendalaman materi terkait alat bukti dokumen yang ditemukan hasil penggeledahan beberapa waktu kalau. Dokumen yang dimaksud yakni surat-surat dan dokumen perjanjian yang berkaitan dengan kerjasama sewa Tower eRKS dengan pihak ketiga.

“Jumlah dokumennya cukup banyak karena rentang waktu kerjasama penyewaanya juga cukup lama. Dokumen dan surat-surat itu tengah kami teliti dan pelajari. Jika ada dan terungkap bukti baru tentunya akan terus kami lakukan pendalaman,” terangnya.

Seperti diketahui, penyidik telah mendapatkan petunjuk baru dalam upaya pengungkapan kasus korupsi tower Erks Sumedang. Setelah melakukan penggeledahan dan pemeriksaan intensif terhadap para tersangka, ada bukti yang mengarah kepada kemungkinan penambahan tersangka. Meskipun hingga kini, tim kejaksaan masih menutup rapat siapa orang yang dimaksud.

“Ada beberapa bukti yang terungkap setelah pemeriksaan tambahan. Untuk penambahan tersangka kami tidak menutup kemungkinan, akan tetapi tentunya semua melalui proses dan prosedur, ” ujarnya.

Ketiga tersangka kasus tower eRKS, kata dia, telah selesai dilakukan pemeriksaan.

Rencananya pemeriksaan akan dilanjutkan hingga Kamis pekan depan. Ditundanya sementara penahanan dan pemeriksaan diindikasikan akan adanya penambahan tersangka dalam kasus ini.
“Tadi (kemarin red) sudah selesai jam 6.30 malam, dan akan dilanjutkan kamis depan,” tandasnya. (her)

Ikuti Kami di Sosial Media:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.