Alat Berat Pemkab Rusak Berat

Peliput/Editor: Asep Herdiana

Alat Berat Pemkab Rusak Berat

KERUK: Salah satu alat berat saat berada di lokasi pengerukan tanah beberapa waktu lalu. (NET/ILUSTRASI)

KOTA – Sejumlah alat berat milik UPTD Peralatan pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sumedang, rusak berat dan butuh peremajaan.

Saat ini, karena kondisi alat berat mulai dari dump truk, track loader, shovel, sun crusher, bulldozer, dan bekho, sudah uzur dimakan waktu, sehingga tidak bisa dioperasikan secara maksimal.

Kondisi ini, kata Kepala UPTD Peralatan Saeful Rohman, membuat UPTD Pelaratan tak bisa maksimal dalam mengejar PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang ditargetkan Pemkab Sumedang.

“Karena kondisi sejumlah alat berat sudah uzur dimakan waktu, dan ada pula yang sudah rusak berat, membuat kami kesulitan mengejar target PAD. Saat ini dari PAD yang ditargetkan baru tercapai 70 persen. Sementara waktu yang tersisa ini sudah tidak memungkinkan lagi mengejar PAD yang ditargetkan,” ujarnya.

Padahal, selain kehilangan PAD, rusaknya sejumlah alat berat yang dimiliki Pemkab Sumedang ini, juga menghambat proses evakuasi saat Kabupaten Sumedang diterjang bencana, seperti bencana longsor belum lama ini. Bahkan menghambat pula berbagai pekerjaan proyek pembangunan yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Alat berat sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai kegiatan dan sangat dibutuhkan saat terjadi bencana alam. Seperti pada bencana longsor kemarin, karena minimnya alat berat proses evakuasi jadi terhambat,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya berharap Pemkab Sumedang bisa segera melakukan peremajaan berbagai kebutuhan alat berat yang saat ini rusak berat.

“Alat-alat berat yang ada saat ini merupakan pengadaan tahun 1989, untuk dump truk sendiri pengadaannya tahun 2009 dan belum ada lagi peremajaan hingga saat ini. Kami berharap pimpinan memerhatikan dengan segera melakukan peremajaan alat berat yang kami butuhkan karena ini merupakan kebutuhan vital dan juga untuk menunjang pencapaian PAD,” tukasnya. (her)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.