Anggaran RKB Minim

Anggaran RKB Minim

BANGUN KELAS: Untuk tahun penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) hanya mendapatkan satu ruang kelas untuk satu kabupaten dikarenakan minimnya anggaran. (NET/ILUSTRASI)

PEWARTA: Asep Nurdin/Iman Nurman

SUMEDANG – Bantuan untuk rehabilitasi bangunan sekolah saat ini hanya sekitar 99 persen. Sedangkan untuk Ruang Kelas Baru (RKB), hanya mendapatkan satu ruang kelas untuk satu kabupaten. Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Eka Ganjar mengatakan, hal itu dikarenakan anggaran di tahun 2017 sedang dalam kondisi kurang sehat.

“Karena menurut informasi dari pusat, anggaran RKB hanya sekitar 200-an lebih untuk seluruh tanah air,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (4/8). Sehingga, kata dia, sangat wajar jika ditemukan masih banyaknya bangunan sekolah yang seharusnya sudah direhabilitasi, namun seolah-olah dibiarkan.

“Ada sekitar 600 lebih jumlah SD di Sumedang termasuk swasta. Namun ada beberapa kriteria yang menjadi skala prioritas kami untuk mendapatkan dana rehabilitasi,” ungkapnya. Kendati demikian, pihaknya telah mengupayakan agar setiap sekolah yang rusak, mendapatkan dana bantuan rehabilitasi.

“Insya Allah mulai tahun 2018, secara bertahap ada bantuan rehabilitasi dari pusat. Kami sudah mengusulkan pada perubahan anggaran,” tuturnya. Meski begitu, pada akhirnya pemerintah pusat yang akan menentukan sekolah mana sajakah yang akan mendapatkan bantuan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Sementara kami hanya sebatas mengusulkan dan support data saja,” jelasnya. Menurutnya, Dinas Pendidikan Provinsi tidak mengeluarkan dana bantuan untuk sarana dan prasarana. “Sedangkan dari kabupaten sendiri, anggaran dana pendidikan sangat minim sekali,” ujarnya.

Eka memprediksi, di tahun 2018 mendatang anggaran untuk pendidikan dari kabupaten tidak akan jauh berbeda dengan tahun sekarang. Mengingat kondisi viskal kas daerah dinilai masih belum sehat. “Tentunya kami harus bekerja keras mencari sumber keuangan lain,” tukasnya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.