Anggota Paskibraka Mulai Jalani Latihan

Anggota Paskibraka Mulai Jalani Latihan

LATIHAN: Anggota Paskibraka Sumedang menjalani latihan mingguan, kemarin (IST).(ATEP BIMO AS/SUMEKS)

PEWARTA: ATEP BIMO AS/SUMEKS

KOTA – Puluhan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sumedang, mulai menjalani latihan mingguan. Anggota Paskibra tersebut, merupakan hasil seleksi pada Mei 2018 lalu.

Sesuai agenda, proses latihan baru dilakukan dua kali dalam seminggu. Latihan dilakukan setiap Sabtu dan Minggu, mulai pukul 06.30 sampai pukul 17.00.

Kepala Seksi Kepemudaan pada Bidang Pemuda dan Olahraga Disparpora Sumedang Haris Iskandar Rahmat mengatakan, latihan ini memang merupakan bagian penting yang harus dilakukan anggota Paskibraka. Latihan ini sebagai persiapan menjelang pelaksanaan pengibaran bendera pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018.

“Mereka (anggota paskibraka) yang kini sudah mengikuti kegiatan latihan itu merupakan anggota Paskibra Kabupaten Sumedang yang sengaja disiapkan untuk petugas pengibar bendera pada tanggal 17 Agustus nanti,” kata Haris, kemarin (16/7).

Adapun jumlah anggota Paskibraka yang kini sedang menjalani latihan mingguan tersebut, seluruhnya ada 54 orang. Puluhan anggota Paskibraka ini merupakan perwakilan dari siswa-siswi SMA/SMK/MA sederajat se-Kabupaten Sumedang, yang kemarin telah dinyatakan lolos sebagai anggota Paskibraka.

Dikatakannya, untuk pelaksanaan latihannya sendiri, tentu akan dibimbing langsung oleh instruktur-instruktur berpengalaman. Latihan itu meliputi latihan materi, fisik, mental dan latihan baris berbaris.

“Semua itu dilalukan untuk menanamkan rasa bangga dan nasionalisme pada setiap anggota paskibraka. Sehingga, akan tertanam nasionalisme yang tinggi dan akan terbawa kelak hingga mereka bekerja,” paparnya.

Haris mengharapkan setiap anggota dapat mengikuti latihan sesuai prosedur. “Pada waktunya nanti mereka sudah siap untuk mengemban amanah yang diberikan,” tukasnya. (atp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.