Antisipasi Banjir Sejak Dini

Peliput/Editor: iqbal/iman nurman

Antisipasi Banjir Sejak Dini

Banjir kerap melanda kawasan Cimanggung saat hujan tiba. (foto ilustrasi)

CIMANGGUNG- Kepala Seksi Sosial Kecamatan Cimanggung, Edi Kusnaedi mengimbau setiap desa untuk melakukan antisipasi banjir dari sekarang. Sebab, belum lama lagi musim hujan akan datang. Sebagaimana di kecamatan Cimanggung ada empat desa yang menjadi langganan banjir.

Diantaranya Desa Sindangpakuon, Sukadana, Cihanjuang,dan Mangun Arga dari total 11 desa.
“Sejauh ini belum ada tindakan namun kami tetap mengimbau untuk mengantisipasinya dari sekarang,” ujarnya saat ditemui di kantor Kecamatan Cimanggung, Kamis (15/10).

Sementara itu, warga Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung menginginkan normalisasi sungai Cimande yang menurut warga tersebut menjadi sumber masalah banjir di kawasan tersebut.
Kepala Desa Cihanjuang, Yuyus Yusuf, menyampaikan sedikitnya terdapat empat dusun terdiri dari 342 rumah yang dihuni oleh 340 kepala kelurga yang selalu terendam akibat dampak limpasan Sungai tersebut.

“Kami harap agar dinas terkait segera melakukan tindakan. Selama ini kami lihat belum ada perhatian dari pemerintah, terutama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS),” ujarnya kepada Jateks, kemarin.

Menurutnya, apabila terus dibiarkan, sungai akan mengalami pendangkalan yang akan menimbulkan kerugian yang lebih besar lagi.

“Sekarang saja sudah parah, kita tidak tahu gimana jadinya satu tahun ke depan apabila terus dibiarkan. Saat ini tidak usah bicara perbaikan secara permanen, normalisasi saja dulu,” desaknya.

Ia menambahkan, setiap kali banjir, termasuk rumahnya, air bisa menggenangi pemukiman warga paling parah setinggi dada orang dewasa.

“Saya juga turut merasakan apa yang dialami oleh maayarakat, untuk itu, saya harap masalah ini diprioritaskan,” tambahnya. (iqi)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js