oleh

Antisipasi Banjir, Warga RW 13 Bangun Drainase

JATINANGOR – Mengantisipasi banjir musiman saat musim penghujan, warga RW 13 Dusun Solokan Jarak Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor membangun saluran drainase sepanjang 45 meter dan rabat beton sepanjang 65 meter di RT 02 RW 13, kemarin.

Ketua RW 13, Yayat Wahdiyat mengatakan pembangunan drainase dan rabat beton tersebut merupakan realisasi dana desa dari APBDes tahun 2019 tahap ke tiga.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa di daerah Solokan Jarak langganan banjir. Setiap musim hujan pasti selalu banjir. Dikarenakan daerah kami dataran rendah dan juga padat penduduk,” kata Yayat.

Menurut Yayat, sebelum dibangun kondisi selalu banjir karena gorong gorong tidak lancar dan daerah dataran rendah.

“Memang penyebab banjir dari meluapnya air dari Sungai Cikeruh. Jadi karena dataran rendah sehingga air memasuki daerah kami. Ketinggian air dari mulai 1 meter sampai 1.5 meter,” katanya.

Tak pelak, katanya, setiap musim penghujan hampir 215 Kelapa keluarga (KK) terendam banjir dengan ketinggian bervariatif.

“Dengan dibangunnya saluran drainase berharap meminimalisir banjir. Antisipasi kami selain drainase membuat irigasi atau Cek Dam di depan PT Wiska,” katanya.

Sementara itu untuk anggaran pembangunan drainase sebesar Rp 16 juta. Tapi dibantu dengan swadaya masyarakat karena dananya tidak cukup.

“Kurang lebih warga ada 35 orang yang terlibat gotong royong. Alhamdulillah respon warga selalu menyambut baik dengan program pemerintah,” tandasnya. (imn)

IMAN NURMAN /SUMEKS
GOTONG ROYONG : Warga Dusun Solokan Jarak RW 13 Desa Cipacing saat gotong royong membangun saluran drainase, kemarin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed