oleh

Aparat Diminta Siaga Bencana

Sepekan ke Depan Curah Hujan Tinggi

SUMEDANG – Pemerintah Kabupaten Sumedang, meminta warga dan aparat di daerah untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana. Saat ini, intensitas hujan di Sumedang cukup tinggi dan berpotensi menyebabkan bencana alam.

“Saya mengimbau kepada seluruh aparat dan masyarakat Sumedang, agar selalu waspada pada musim hujan,” ujar Pjs Bupati Sumedang Sumarwan Hadisoemarto saat dikonfirmasi usai rapat koordinasi pemerintahan, kemarin (22/2).

Sumarwan memaparkan, menurut laporan yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Sumedang, dalam sepekan
ini sudah terjadi bencana di beberapa tempat. Bencana tersebut di antaranya longsor dan banjir di beberapa kecamatan. Di antaranya Wado, Jatinunggal, Tomo, Sumedang Utara, Surian dan beberapa tempat lainnya.

“Dalam sepekan menurut laporan yang saya terima, yang paling dominan di daerah Sumedang ini rawan bencana longsor karena geografisnya perbukitan,” katanya.

Terlebih lanjut dia, pada beberapa hari terakhir curah hujan relatif tinggi dibandingkan sebelumnya. Dampaknya, potensi bencana baik tanah longsor maupun banjir masih tetap ada.

Selain itu, wilayah Sumedang sering terjadi bencana angin kencang yang biasanya bersamaan dengan turunnya hujan. Sejumlah bencana itu berpotensi merusak bangunan milik warga.

“Selain longsor dan banjir, ancaman angin kencang juga sangat tinggi. Sebab hujan lebat sering disertai angin kencang yang berpotensi merusak rumah warga. Dan menurut catatan, itu pernah terjadi seperti pohon tumbang karena angin dan menimpa rumah warga,” jelasnya.

Oleh karena itu, ungkap Sumarwan, seluruh aparat dan masyarakat Sumedang harus meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi situasi ketika bencana. Sehingga ketika ada laporan bencana, maka warga maupun aparat bisa segera merespon dan mengambil berbagai tindakan yang tepat.

“Khusus untuk aparat pemerintah mulai dari camat, lurah hingga tingkat RW dan RT, diminta mengintensifkan sistem informasi dan kewaspadaan bencana,” tambahnya.

Misalnya lanjut Sumarwan, dengan berperan secara aktif dalam memberikan informasi dan pencegahan terhadap kemungkinan terjadi bencana, melalui penggunaan media informasi secara cerdas dan bermanfaat.

Hal senada disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Sumedang Ayi Rusmana. Menurut informasi dari Badan Klimatologi dan Geofisika, di daerah Sumedang dalam sepekan ke depan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

“Warga yang tinggal di daerah rawan bencana diminta untuk waspada karena saat ini curah hujan cukup tinggi. Menurut informasi BMKG Jatiwangi, curah hujan sepekan mendatang masih berpotensi hujan ringan hingga lebat,” imbuh dia. (her)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed