Asep: Fasilitas Peternak Ayam Kurang Diperhatikan

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEKS

Asep: Fasilitas Peternak Ayam Kurang Diperhatikan

Asep Iwan Budiawan Caleg Partai Demokrat (ASEP NURDIN/ SUMEKS)

KOTA – Keberadaan para peternak ayam di Sumedang, dinilai sulit untuk bisa berkembang, selama masih dikuasai pihak-pihak tertentu yang ingin memanfaatkan kelemahan modal peternak.

Hal itu dikatakan salah seorang peternak ayam asal Dusun Pasir Malang Desa Jatimulya Asep Iwan Budiawan, yang juga Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Demokrat.

“Para peternak itu kasihan, karena sistem makloon. Semua kebutuhan mulai dari pakan, bibit, vitamin, vaksin dan lainnya disuplay sebuah perusahaan yang melakukan hubungan kerjasama,” katanya menuturkan kepada Sumeks, kemarin (27/8).

Karena disuplai, kata Asep, otomatis harga seluruh kebutuhan peternak diatur pihak perusahaan. Dan lebih parahnya lagi, peternak tidak bisa menjual ayamnya ke sembarang orang. “Karena sudah berada dalam kekuasaan PT,” sebutnya.

Di sisi lain, kata Asep, peternak memang merasa terbantu namun sisi lainnya tidak bisa menentukan harga jual. Dengan cara seperti itu, seolah-olah para peternak ayam sudah dijatah dalam satu periode harus menghasilkan sekian ribu ekor ayam.

“Sedangkan ayam sayur sangat rentan sekali dengan kematian, apalagi manakala saat cuaca sedang pluktuatif,” tuturnya.
Sementara itu, kata Asep, pihak perusahaan tidak mau tahu dengan resiko kematian itu. “Atau dengan kata lain, semua kerugian dibebankan kepada peternak,” ucapnya.

Asep menyebutkan, alasan para peternak ayam melakukan hubungan kerjasama dengan salah satu perusahaan karena keterbatasan modal. “Ditambah, pemerintah dinilai masih kurang dalam memfasilitasi peternak,” ungkapnya.

Agar para peternak ayam tidak bergantung kepada perusahaan, lanjut Asep, Pemda Sumedang seharusnya mendirikan semacam BUMD yang akan memfasilitasi para peternak. “Kenapa enggak bisa, jika pemerintah membuat itu?,” ucapnya. (nur)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.