Bangun Saung Untuk Pusat Aktivitas

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Bangun Saung Untuk Pusat Aktivitas

SAUNG: Pemerintah Desa Cijeler Kecamatan Situraja, membangun saung untuk pusat aktivitas pemuda yang kegunaannya multifungsi.

SITURAJA – Guna mengakomodasi aktivitas pemuda, Pemerintah Desa Cijeler Kecamatan Situraja, membangun saung untuk pusat aktivitas pemuda. Saung itu, dibangun dan diseting agar bisa menarik minat pemuda untuk kongkow di tempat tersebut.

“Pemuda desa sudah saatnya difasilitasi. Salah satunya dengan dibuatkan pusat aktivitas mereka. Agar mereka bisa berdaya lebih jauhnya bisa terarah,” ujar Kades Cijeler Pepen Apandi, kemarin (1/11).

Pepen mengatakan, dibangunnya saung selain untuk memusatkan aktivitas pemuda, juga bisa digunakan multifungsi. Seperti untuk pojok baca, tempat diskusi bahkan tempat rapat.

“Kalau pemuda itu kan identik dengan tempat nongkrong. Nah kenapa tidak kita bikin tempat seperti tempat tongkrongan. Di saung juga enak untuk membaca dan diskusi,” tuturnya.

Untuk menunjang berbagai kebutuhan lainnya, kata dia, pihaknya sudah menyiapkan perangkat wifi, meja nongkrong, buku-buku bacaan penunjang. Bahkan kedepan akan dilengkapi dengan perangkat komputer atau laptop.

“Yang jelas bagaimana kita bisa menarik minat pemuda dulu nongkrong disini,” ucapnya.

Dia menambahkan, di jaman milenial ini tak lepas dari teknologi informasi, internet dan media sosial. Untuk itu, segala fasilitas yang berkaitan dengan itu harus dilengkapi. Dengan dipusatkannya aktivitas remaja atau pemuda, orang tua pun mudah melakukan kontrol atas perilaku anaknya.

“Peran pemerintah desa tak hanya melaksanakan program-program reguler saja. Tapi harus juga melindungi remaja dan pemuda dari pengaruh jaman yang semakin maju. Jika tidak diakomodasi aktivitasnya, banyak remaja atau pemuda yang berperilaku menyimpang,” tuturnya.

Selain membangun saung multifungsi, pemerintah Desa Cijeler juga akan membangun pusat aktivitas ekonomi bagi pemuda dilingkungan kantor desa.

“Mudah-mudahan pemerintah daerah juga bisa mendukung atas ide pemerintah desa dengan cara mengalokasikan anggaran bantuan untuk pemberdayaan potensi pemuda,” katanya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js