oleh

Banjarsari Dongkrak Ekonomi Melalui Wisata

JATINUNGGAL – Pemerintah Desa Banjarsari Kecamatan Jatinunggal serius mengelola tempat yang bernama Pasir Mamayu.
Pasir Mamayu berada di wilayah tanah kas desa yang letaknya strategis dijadikan tempat wisata, tentunya membuka peluang bagi pemerintah desa untuk menatanya. Serta, menjadikan wilayah emas bagi warga desa setempat.

Kepala Desa Banjarsari, Endang Susilawati menyebutkan, letak Pasir Mamayu di pinggir jalan utama Kecamatan Jatinunggal menjadi salah satu faktor penunjang sebagai tempat rekreasi dengan panorama alam pesawahan.

“Wilayah tanah kas desa yang punya potensi wisata itu (Pasir Mamayu-red) tepat berada di pinggir jalan utama penghubung antar Kabupaten Majalengka dengan Sumedang,” kata Endang saat diwawancarai Sumeks di ruangannya, Rabu (3/1).

Dikatakan, wilayah itu sempat mendapat peninjauan dari dinas terkait. Mereka merespon dengan memberikan harapan besar bagi masyarakat dan pemerintah desa.

Endang menilai, sudah semestinya dinas itu ikut terlibat untuk mewujudkan wisata alam. Agar, desa bisa mendapat energi untuk penataannya.

Dalam hal ini, kata dia, lokasi wisata itu bisa mendongkrak perekonomian masyarakat dan menambah pendapatan asli desa (PAD).
Disebutkan, jika Pasir Mamayu dapat terwujud menjadi lokasi wisata, warga bisa berjualan di disitu. Pengelolaannya bisa dilakukan oleh badan usaha milik desa (Bumdes).

“Ada keuntungan buat masyarakat dan keuntungan buat desa juga,” tukasnya.
Endang memaparkan, untuk saat ini Pasir Mamayu sudah banyak menarik pengunjung dengan sarana seadanya. Untuk memaksimalkannya, perlu ada penambahan fasilitas seperti mushola dan gazebo.

“Penataanya bisa dimaksimalkan untuk menambah daya tarik juga,” tukasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed