Banjir Belum Surut

Peliput/Editor: ASEP HERDIANA/SUMEKS

Banjir Belum Surut

PANTAU LOKASI: Bupati Eka Setiawan dan rombongan memantau kondisi banjir Sungai Cibawang Dusun Cikiray Desa Sukasirnarasa Kecamatan Rancakalong, kemarin.

Alat Berat Mulai Diturunkan

RANCAKALONG – Sejumlah alat berat, mulai diturunkan di lokasi banjir Sungai Cibawang Dusun Cikiray Desa Sukasirnarasa Kecamatan Rancakalong. Sebab, pasca tergenangnya sawah dan akses jalan, hingga kemarin (9/11) genangan air belum surut hingga mengganggu aktivitas warga.

“Saat ini sedang proses normalisasi. Ada beberapa alat berat yang diturunkan,” ujar Camat Rancakalong Suherman saat dikonfirmasi kemarin.

Herman mengungkapkan, hujan deras yang terjadi sehari sebelumnya, menyebabkan banjir dengan luas area terendam sekitar empat hektare. Kondisi itu, diduga diperparah penyumbatan gorong-gorong pada Sungai Cikuray yang tertutup tanah Disposal Tol Cisumdawu.

Herman mengungkapkan, ketingian air di jalan Rancakalong-Pamulihan telah mencapai 60 cm. Dengan ketingian jembatan dari sungai 3,5 meter. “Banjir ini juga telah menyebabkan satu unit rumah yang dihuni oleh empat jiwa milik Asep, 40, turut terendam banjir berikut satu buah penggilingan padi. Beruntung tidak menyebabkan korban jiwa, dan saat ini korban diungsikan ke rumah saudaranya,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Eka Setiawan telah mengintruksikan semua stakholder untuk secepatnya melakukan penanganan.

“Saya minta kepada seluruh stakeholder agar sesegera mungkin menyelesaikan persoalan banjir ini. Dan karena ini darurat, untuk alternatif jalan sementara warga bisa menggunakan tol untuk melintas,” ucap Eka. (her)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.