Banjir Cibawang Meninggi

Banjir Cibawang Meninggi

NAIK PERAHU: Perahu karet terus disiagakan untuk mengangkut siswa yang hendak belajar di sekolah termasuk masyarakat akibat banjir di Cibawang yang makin meninggi, kemarin (16/11).

PEWARTA: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Pelajar Diangkut Perahu Karet

RANCAKALONG – Banjir dampak Disposal Tol Cisundawu di Dusun Cibawang Desa Sukasirnarasa Kecamatan Rancakalong, belum juga teratasi. Akibatnya, aktivitas pelajar dan warga setempat hingga kini masih terganggu.

Bahkan setiap hari, perahu milik BPBD Sumedang disiagakan di lokasi bencana untuk mengangkut siswa yang hendak dan pulang sekolah. Tidak hanya siswa sekolah, warga setempat pun yang berktivitas terpaksa naik perahu karena banjir belum juga surut.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Pamulihan Eddy R Maksum menyatakan, setiap harinya ada sekitar 20 hingga 30 orang yang memanfaatkan perahu karet milik BPBD.

“Banyak diantaranya siswa SD yang hendak sekolah terpaksa naik perahu karet karena jalan yang akan dilalui tergenang air. Bahkan semakin hari air terus meninggi. Kemungkinan air terus bertambah sedangkan aliran air terhambat karena tertutup longsoran,” kata Eddy di lokasi banjir, kemarin (16/11).

Setiap harinya selama 24 jam, ada petugas yang selalu berjaga di lokasi sambil memantau ketinggian air. Petugas yang berjaga selain karang taruna ada juga petugas dari Kwarda Jabar, yang selalu siaga di lokasi berbatasan atara kecamatan Pamulihan dan Rancakalong.

Menurutnya, hasil pemantauan di lokasi ketinggian air terus mengalami peningkatan 10 centimeter hingga 20 centimeter. Melihat kondisi seperti itu, para petugas terus waspada dan selalu mengantisipasi bila ada kejadian yang tidak diharapkan.

“Kita bersiaga selama 24 jam di lokasi banjir selain ada kehawatiran air jebol, juga ditakutkan ada warga dalam keadaan darurat meminta bantuan untuk menyebrang menggunakan perahu karet,” tuturnya. (kos).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.