Bantuan Pandemi Korona Bikin Pusing Pemdes

SUMEDANGEKSPRES.COM – Pemerintah tingkat desa mulai dikomplain warganya. Ini, dampak daripada bantuan yang disalurkan pemerintah, untuk penanganan dampak Covid-19 atau Koron, mendapat respon kurang baik dari masyarakat.

Sangat disesalkan, niat baik pemerintah untuk membantu meringankan beban warga kurang mampu di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak menuai konflik di masyarakat. Bahkan jadi perbincangan hangat juga di media sosial.

Tak sedikit warga yang menilai, statemen dari pemangku kebijakan di Jawa Barat ini, tidak komitment. Sebab, yang semula janji pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga terdampak Covid-19, saat ini muncul kembali stetment bahwa yang menerima bantuan hanya warga yang sudah tidak mampu bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19.

“Dulu statemen gubernur, bahwa akan disalurkan bantuan untuk warga yang terdampak Covid-19. Kalau terdampak jelas semua juga terdampak pandemi ini, tapi sekarang muncul lagi statemen bahwa yang menerima bantuan hanya warga yang dalam kondisi benar-benar tidak mampu bertahan hidup di tengah pandemi. Ini yang bikin kacau,” kata salah satu warga yang namanya tidak ingin dikorankan.

Dampaknya, saat ini pemerintah desa banyak menerima komplenan dari masyarakat. Seperti yang disampaikan Sekretaris Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja, Endang.

Dia mengaku, banyak warga yang datang ke desa, untuk mempertanyakan kejelasan bantuan tersebut dan komplen karena dirinya tidak menerima.
Pasalnya, semuala pihak desa mengajukan sebagian besar warganya yang di luar penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan yang lainnya.

Namun dari ratusan Kepala Keluarga (KK) terdampak Covid-19 yang diajukan, hanya terealisasi sebagian kecil saja. Hal itu, menjadi pemicu timbulnya kecemburuan sosial.

“Kami dari pihak desa hanya berupaya mengajukan. Makanya beberapa waktu lalu, pihak kami mengumpulkan foto copy KK dan KTP dari warga. Namun terealisasi atau tidaknya, kami tidak bisa memutuskan, karena itu bukan kewenangan desa. Tapi masih banyak warga yang belum paham ke arah sana,” kata dia. (eri)

2 thoughts on “Bantuan Pandemi Korona Bikin Pusing Pemdes

  1. Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya,
    gimana caranya yaa…???
    buruan dech ke qqharian
    bikin hati senang kondisi dompetpun tenang….
    TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya…
    Click Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.