Barongsai Sedot Animo Pengunjung

Barongsai Sedot Animo Pengunjung

ATRAKSI BARONGSAI: Plaza Asia Sumedang menampilkan atraksi Barongsai di taman Plaza, Sabtu (9/2).(IST)

PEWARTA: IIS SULASTRI/SUMEKS

**Puncak Tahun Baru Imlek

KOTA – Puncak tematik Tahun Baru Imlek tahun ini, Plaza Asia Sumedang kembali menghadirkan pertunjukan Barongsai dari klub Asian Lion Dance, Sabtu (9/2). Dengan dua Barongsai, satu sosok Kera Sakti, ikon kaisar China beserta ikon babi, memeriahkan pertunjukan Barongsai yang di mulai dari taman Plasa Asia.

Pengunjung Plaza Asia, menjadi ramai seketika setelah pertunjukan dimulai. Dan tidak hanya memenuhi halaman taman Plaza Asia, pengunjung bahkan antusias mengikuti pertunjukan Barongsai hingga ke dalam mall.

“Untuk di Sumedang Asian Lion Dance sudah dua tahun dengan sekarang. Terbukti, konsumen dari masyarakat Sumedang begitu antusias melihat pertunjukan Barongsai,” ungkap CIP HRD NGA Plaza Asia Tasikmalaya, Peri N Yogaswara.

Yang menarik lainnya, orang-orang yang mempertunjukkan Seni Barongsai adalah karyawan-karyawan Plaza Asia Tasikmalaya yang berumat muslim. “Kalau untuk kami pribadi, ini hanya suatu seni tradisi saja, tidak ada unsur lain hanya seni, budaya dari etnis Tionghoa. Semua pemain ini muslim, karena kita hanya mengambil dari sisi budayanya saja, tidak ada unsur agama atau apapun,” ujarnya.

Diakui Peri, pertunjukkan tidak mengambil unsur agamanya, hanya seni dan kebudayaannya saja. “Semua pertunjukkan ini hanya seni saja untuk meramaikan pengunjung Plaza Asia Sumedang. Dan cukup berkesan dengan antusias masyarakat yang bagus sekali untuk melihat seni tradisi Barongsai,” tambahnya.

Disebutkan Peri, pemainnya ada sekitar 12 orang untuk pertunjukkan Barongsai kali ini. Tetapi jika Liong ditampilkan, keseluruhan pemain ada sekitar 20 orang. “Konsep penampilannya, awal di depan itu kita ada penghormatan ke toko dan pengunjung. Lalu ada atraksi sebagai puncaknya,” tutur Peri.

Dijelaskan juga, pemain Barongsai dan Kera Sakti Sun Go Kong itu berasal dari Karyawan Plaza Asia Tasikmalaya, karena diperlukan keahlian khusus. “Untuk pemain Sun Go Kong itu perlu keahlian khusus tidak bisa sembarang orang sehingga kita datangkan dari karyawan Plaza Asia Tasik. Kalau untuk sosok kaisarnya itu dari Plaza Asia Sumedang,” jelasnya.

Sementara itu, CSO Plaza Asia Sumedang Camelia Justia menyebutkan, pertunjukan Barongsai menjadi acara rutin di setiap tahunnya. “Pertunjukan Barongsai ini memang menjadi jadwal rutin setiap tahun dengan kita mendatangkan Asian Lion Club dari Plaza Asia Tasikmalaya. Dan juga ini merupakan puncak perayaan kemeriahan Tahun Baru Imlek untuk Plaza Asia,” tuturnya.

Diakui Camelia, animo masyarakat memang bagus sekali dengan banyaknya yang datang ke Plaza Asia Sumedang. “Ketika di taman pengunjung itu sudah banyak sekali dan dikira mereka akan bubar setelah pertunjukkan ke dalam. Ternyata malah mereka mengikuti Barongsainya sampai ke Atrium dan mereka malah menunggu juga untuk sesi keduanya di jam satu,” ujarnya.

Menurutnya kedatangan pengunjung sesuai ekspekstasi dan diharapkannya lebih banyak lagi di tahun selanjutnya.

Di samping itu, Event Marketing Plaza Asia Rizki Roby Saputra menambahkan konsep rute yang ditampilkan untuk pertunjukkan Barongsai. “Pertama mulai kita dalam pembukaan berada di taman Plaza kemudian mereka diarahkan ke titik Informasi dan ke area mall. Puncaknya di Atrium sampai pukul 15.00,” jelasnya.

Menurutnya pertunjukkan Barongsai ini sedikit berbeda dengan event Plaza Asia yang biasa diselenggarakan. “Acara kali ini lebih banyak menarik pengunjung karena awalnya tadi itu tidak terlalu banyak pengunjung dan setelah atraksi dimulai pengunjung pun berdatangan. Respon masyarakat Sumedang sangat bagus, tidak hanya langsung datang tapi dari mereka ada yang bertanya melalui medsos seperti WA dan Instagram,” tambahnya.

Dalam akhir wawancaranya, Rizki kembali menginformasikan event terdekat di tanggal 15,16, dan 17 Februari 2019. “Untuk event Cici Koko itu mengalami pengunduran waktu menjadi tanggal 24 Februari,” tutupnya. (cr1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.