Bawaslu: Jangan Takut Laporkan Pelanggaran

Bawaslu: Jangan Takut Laporkan Pelanggaran

KEGIATAN: Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto dalam sebuah kegiatan belum lama ini.

PEWARTA: NET

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat mendorong masyarakat untuk tidak takut melaporkan jika mendapatkan temuan pelanggaran saat penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018.

“Kita mendorong keberanian untuk melaporkannya,” kata Ketua Bawaslu Jabar, Harminus Koto, Kamis (16/11).

Dia menuturkan, setiap lapisan masyarakat yang menjadi objek sosialisasi Bawaslu dijelaskan apa yang dimaksud dengan pelanggaran pada saat pilkada maupun tahapannya. Kemudian, unsur-unsur pelanggaran, alat, dan setelah semua itu terpenuhi dikategorikan ke dalam jenis pelanggaran.

“Apa saja yang bisa terpenuhi dalam kategori pelanggaran itu, uraian kejadian, bukti, saksi, keterangan dan lain sebagainya. Ini nanti disampaikan di tingkatannya masing-masing,” tuturnya.

Apabila pelanggaran itu terjadi di kecamatan, bisa langsung dilaporkan kepada Panwas tingkat kecamatan.

“Nanti di kecamatan ada form yang sudah bisa diisi, sehingga pelanggaran itu tidak hanya di simpan di mata pribadi saja,” ucapnya.

Dia menambahkan, alasan wanita perlu menjadi bagian dari pengawasan pemilu, dikarenakan peran wanita sejak dulu sangat sentral. Menurutnya, wanita memiliki kekuatan yang besar untuk mengawal jalannya demokrasi.

“Wanita ini punya kekuatan, punya magnetik yang besar untuk bisa mengawal proses demokrasi ini. Ini yang harus kita gandeng ya, harus kita sama-sama melakukannya,” pungkasnya. (rmo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.