Bawaslu Masih Awasi Tahapan Akhir Pemilu

KOTA – Menyikapi berjalannya tahapan Pemilu 2019, terutama terkait tahapan akhir yaitu tahapan proses penetapan hasil pemilu sebagaimana diatur dalam Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Pengawasan Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilihan Umum, Bawaslu sesuai tingkatannya mengawasi penetapan pasangan calon terpilih.

Kemudian, Bawaslu juga mengawasi penghitungan perolehan kursi dan penetapan calon anggota DPR DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota terpilih, penetapan calon anggota DPD terpilih dan pemberitahuan dan pengusulan pelantikan pasangan calon atau calon terpilih.

Hal itu disampaikan Koordinator Divisi Hukum dan Pelanggaran Bawaslu Sumedang Ade Sunarya. Menurutnya, Bawaslu sesuai tingkatannya wajib menghadiri rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi, dan penetapan calon terpilih dalam Pemilu.

“Maka Bawaslu Kabupaten Sumedang memiliki tanggungjawab dalam melakukan pengawasan dan memastikan tahapan tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” ujar Ade, kemarin (17/7).

Dikatakannya, adapun rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi, perolehan suara sah partai politik pemilu anggota DPRD Kabupaten Sumedang dan perolehan suara sah calon anggota DPRD Kabupaten Sumedang, jadwal pelaksanaannya menunggu jadwal dari KPU Kabupaten Sumedang.

Bawaslu Kabupaten Sumedang, kata dia, dalam rangka mengoptimalisasikan pengawasan tahapan ini, membuka lebar kerjasama dengan melibatkan partisipasi stakeholder. “Bawaslu Sumedang memegang prinsip kemandirian, keterbukaan, keadilan, kepastian hukum, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi dan efektivitas,” tandasnya.

Ade berharap perolehan suara sah partai politik pemilu anggota DPRD Kabupaten Sumedang dan perolehan suara sah calon anggota DPRD Kabupaten Sumedang yang ditetapkan dengan Keputusan KPU Kabupaten Sumedang dalam agenda pleno terbuka nanti berjalan dengan semestinya. (atp)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.