Baznas Bantu 132 KK Miskin

Peliput/Editor: Heri Purnama/Iman Nurman

Baznas Bantu 132 KK Miskin

BERI BANTUAN: Sekretaris Daerah Sumedang Zaenal Alimin mewakili pihak Baznas Sumedang secara simbolis memberikan bantuan kepada salah seorang warga Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja. (HERI PURNAMA/JABAR EKSPRES)

SUMEDANG – Badan amil zakat nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang, memberikan bantuan kepada 132 kepala keluarga (KK) miskin di Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja, kemarin (3/8). Jumlah tersebut merupakan dampak dari Waduk Jatigede karena sejumlah permasalahan yang hingga kini belum tuntas.

Kepala Desa Sukamenak Gustaman menerangkan, pihaknya mengajukan permohonan untuk bantuan sembako kepada Baznas Sumedang beberapa bulan lalu. Hal itu dilakukan, untuk mengurangi beban yang dirasakan masyarakatnya, terutama warga yang kurang mampu.

“Kita mengajukan permohonan dari beberapa bulan lalu, alhamdulilah saat ini sudah terealisasi. Warganya sebanyak 132 KK bisa menerima bantuan berupa beras,” katanya. Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H Ali Badjri menegaskan, kondisi warga terdampak memang sudah sepantasnya mendapat perhatian khusus. Meskipun terkadang, banyak orang yang berasumsi bila warga terdampak Waduk Jatigede itu seharusnya sejahtera karena mendapat penggantian (pembayaran).

Namun pada faktanya, warga terdampak itu kondisi ekonominya lemah paska penggenangan dua tahun silam. Salah satu faktornya, karena hilangnya mata pencaharian warga. “Kita bantu 132 KK yang merupakan warga miskin di Desa Sukamenak. Meski bantuan itu hanya lima kilogram beras, tapi cukup bermanfaat buat mereka,” ucapnya.

Di tempat sama salah seorang tokoh masyarakat desa Sutisna menyebutkan, bantuan dari Baznas Sumedang mulai dari bantuan untuk sarana ibadah dan kesejahtraan masyarakat, sudah cukup dirasakan langsung. “Saya pribadi sangat merasakan manfaat bantuan dari Baznas. Mudah-mudahan makin banyak lagi donatur dan masyarakat yang sadar membayar infaq agar Baznas bisa terus membantu masyarakat miskin,” harapnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.