Baznas Tanggap Korban Bencana Alam

Peliput/Editor: SOBAR/SUMEKS

Baznas Tanggap Korban Bencana Alam

KERJA: Staf Humas Baznas Kabupaten Sumedang Dadan saat dikunjungi di ruangan kerjanya.

KOTA – Baznas Kabupaten Sumedang, siap turun tangan membantu korban bencana alam yang kemungkinan bisa terjadi saat ini.

Hal itu dikarenakan melihat intensitas hujan yang kerap melanda sejumlah daerah di Kabupaten Sumedang akhir-akhir ini.

“Kalau ada bencana alam, biasanya kami selalu mendapat informasi laporan bencana langsung dari wilayah yang terkena bencana,” kata Ketua Baznas Sumedang H Ali Badjri melalui Staf Humas Dadan, kemarin (8/11).

Sebagai pertolongan pertama, Baznas siap memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok para korban bencana alam. Diantaranya bentuk makanan untuk keperluan sehari-hari.

“Biasanya kami memberikan bantuan awal berupa makanan pokok. Lalu agenda selanjutnya kami akan melakukan peninjauan lokasi untuk dijadikan referensi bantuan apa yang harus kami berikan nanti,” ujar Dadan.

Salah satu bentuk bantuan lainnya bagi korban bencana alam, yakni membantu dalam memperbaiki tempat tinggal yang terkena bencana.

“Misalnya jika ada rumah yang terkena bencana, baik longsor maupun kebakaran, kami biasanya melakukan verifikasi terlebih dahulu. Sehingga nantinya Baznas akan memberikan bantuan yang sesuai untuk kondisi dilapangan,” tutur Dadan.

Sementara itu, lanjut Dadan, akibat hujan lebat yang terjadi pada Selasa (7/11), ada dua rumah yang roboh di Dusun Menteng RT 03 RW 01 Desa Sukamukti Kecamatan Tanjungmedar.

“Iya, pagi tadi (kemarin) kami dapat laporan bahwa ada dua rumah yang roboh akibat cuaca ekstream. Nanti kami akan berikan bantuan taktis terlebih dahulu. Dan selanjutnya kami akan verifikasi ke lapangan,” tandasnya. (bay)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.