Baznas Ternate Timba Ilmu di Sumedang

Baznas Ternate Timba Ilmu di Sumedang

KUNJUNGAN KERJA: Pengurus Baznas Kota Ternate Provinsi Maluku Utara foto bersama dengan pengurus Baznas Sumedang di sela-sela kunjungannya, kemarin (6/1).(IST)

PEWARTA: ATEP BIMO AS/SUMEKS

KOTA – Baznas Kabupaten Sumedang, mendapat kunjungan kerja dari Baznas Kota Ternate Provinsi Maluku Utara, Rabu (6/2).

Ketua rombongan Baznas Ternate, H Anis Abbas mengatakan, kunjungan kerja ini atas rekomendasi Baznas pusat. Dimana Baznas Sumedang, dipilih karena menjadi Baznas terbaik tingkat nasional.

“Kami baru berdiri Bulan November Tahun 2016. Karena itu kami butuh referensi bagaimana pengelolaan zakat yang baik. Kunjungan ini juga atas saran walikota,” ujar Anis di sela-sela kunjungannya yang berjumlah berjumlah 13 orang.

Dikatakannya, kunjungan ke Sumedang untuk menimba ilmu, bagaimana cara mengelola zakat, infaq dan sedekah yang baik. “Kami ingin mengetahui bagaimana pemberdayaan zakat yang baik,” tuturnya.

Anis menuturkan, pihaknya saat ini masih mencari SOP dalam pemberdayaan zakat, infaq dan sedekah. Saat ini, Baznas Ternate baru melakukan pemberdayaan zakat dengan membantu fakir miskin setiap bulannya. “Cara pengelolaan zakat, infaq dan sedekah di Sumedang mungkin akan jadi acuan untuk walikota,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Sumedang, H Ali Badjri menuturkan, dalam setiap kegiatan sekecil apapun, pihaknya selalu bergotong royong. “Sekecil apapun kegiatannya, kami selalu bentuk kepanitiaan. Karena ini berkaitan dengan umat,” tuturnya.

Kata Ali, selanjutnya untuk mencapai sinergitas dengan berbagai pihak, khususnya pemerintah daerah, diperlukan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat di lapangan. “Kita ada infaq Rp 2.000, untuk anak sekolah dan masyarakat agar belajar bersosial dan mendidik anak tentang kepedulian terhadap sesama,” tuturnya.

Sejak 2015, Baznas Sumedang kerap dikunjungi sejumlah baznas daerah lain untuk dijadikan percontohan. Selain dari Indonesia, juga dari luar negeri seperti Maslaysia dan Singapura. (atp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.