oleh

Berawal dari Panggung ke Panggung, Kini Jadi Pengiring Musik Lingkungan Pemda

Bermain musik, merupakan hobi Donny Satia Dharmana sejak usia remaja. Ditambah dengan tekun berlatih, keterampilannya dalam bermain musik orgen patut dibanggakan. Tak heran, jika namanya kini sudah terkenal di kalangan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.

DENGAN – tatapan mata jauh kedepan, seakan menerawang masa lalunya. Donny Satia Dharmana, pria enerjik ini mengisahkan sepenggal cerita yang menjadi catatan penting dalam perjalanan meniti karirnya di bidang musik.

“Awalnya dari panggung ke panggung di tingkat RT untuk mengiringi lagu-lagu qasidah,” kata pria kelahiran Jakarta 9 September 1965 ini. Seiring berjalannya waktu, kemampuan mengiringi lagu pun kian terasah. Dengan sendirinya, panggilan job manggung pun senantiasa memenuhi daftar list pribadinya. Hingga pada suatu saat, dirinya diundang untuk mengisi acara peresmian pembangunan jalan oleh Pemerintah Kecamatan Cimalaka.

“Entah tahun berapa, tapi yang jelas pada waktu itu pak Ayi Rusmana yang menjadi camatnya,” tuturnya. Karena dinilai cukup piawai dalam memainkan berbagai jenis musik, Camat Ayi Rusmana pun kembali mengundangnya untuk mengiringi lagu pada perlombaan nyanyi antar SKPD di Gedung Negara. Pada saat itu tengah dipimpin Don Murdono.

Dari situlah, grup musik yang diberi label Bang Onny Entertainment mulai dikenal di kalangan pejabat Pemda Sumedang. “Mulai dari situlah, kita sering mengisi acara-acara seremonial di pemda,” kata Bang Onny sapaan akrabnya.

Baginya, bermain musik bukan hanya sekedar hobi. Namun silaturrahmi yang menjadi landasan dalam hidupnya. “Kalau kita manggung kan banyak bertemu orang banyak,” tutur pria yang murah senyum itu.

Apalagi dalam urusan materi, Onny tidak pernah perhitungan. Inilah nilai lebih Bang Onny Entertainment, sehingga namanya begitu sangat terkenal. Setiap mendapatkan undangan untuk manggung, dia selalu siap dengan catatan sedang tidak ada jadwal manggung.

“Kalau urusan bayaran mah nomor sekian. Kalau orang sudah seneng sama kita, rejeki mah pasti ngikutin,” ucapnya sambil tertawa renyah.

Tidak tersa, sudah 14 tahun Bang Onny Entertainmen melanglang buana di Sumedang. Bahkan job manggung pun sampai ke beberapa kabupaten tetangga. Semua itu berkat keuletan dan kerja kerasnya dalam menggeluti dunia entertainmen.

Semua genre musik, dia kuasai. Mulai dari musik pop Indonesia, pop sunda, melayu, jazz, dangdut, keroncong dan lainnya. Mungkin juga, sudah ribuan judul lagu dia kuasai. Asalkan menyebutkan judul lagu, jari-jari terampilnya langsung menyentuh keyboard dan lagu pun siap dimainkan. “Asal jangan lagu yang belum pernah diciptakan,” candanya.

Pengalaman paling berkesan selama bermain musik, kata Onny, saat mengiringi Hendarman Supanji Mentri Agraria pada masa Pemerintahan Presisen Susilo Bambang Yudhoyono di Hotel Gerage Cirebon. “Saking senangnya, beliau bernyanyi sampai tiga lagu,” ujarnya.

Padahal saat itu, sekertaris pribadinya sudah meberitahukan Onyy, kalau Hendarman jangan disuruh bernyanyi. Mengingat kondisi tubuhnya yang sangat kelelahan pasca kunjungan kerja di beberapa kabupaten di Jawa Barat.
(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.