oleh

Besok Cikarut-Cinangsi Digarap Dibantu TNI Melalui Programn BSMSS

DARMARAJA – Peletakan batu pertama perbaikan jalan Cikarut-Cinangsi di Desa Cikeusi, Kecamatan Darmaraja dilakukan oleh Bupati Sumedang H Eka Setiawan yang diwakili Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Endi Ruslan, kemarin.

Kegiatan pengerjaan jalan tersebut menggunakan dana yang bersumber dari APBD Tingkat Dua melalui Bangkudes dan akan dikerjakan melalui program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS).

Kepala Desa Cikeusi, Tajudin, membenarkan jika program perbaikan jalan di wilayahnya itu akan turut dibantu pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI). Disebutkan dia, setidaknya diperkirakan setiap hari masyarakat akan dibantu 10 sampai 15 personil TNI.

“Program pengerjaan perbaikan jalan ini nanti akan di bantu oleh TNI melalui program BSMSS, dan diharapkan semuanya bisa berjalan lancar,” kata dia.

Meski mendapat bantuan dari TNI, Kades berharap masyarakat tetap untuk menjadi pemeran utama dalam pengerjaan perbaikan jalan itu. Karena sebut dia, pihak TNI hanya membantu pelaksanaan kegiatan tersebut. Tajudin menilai lebih banyak swadaya tenaga masyarakat yang disumbangkan maka pengerjaannya pun akan semakin cepat selesai dan hasilnya akan memuaskan.
“Swadaya masyarakat akan tetap di utamakan dalam pengerjaan ini,” kata dia.

Kades juga menerangkan, jalan yang akan dikerjakan mulai hari Sabtu (6/8) itu merupakan akses jalan yang sangat penting bagi masyarakat Desa Cikeusi untuk akses pertanian dan pengangkutan hasil hutan. Selain itu warga Desa Cinangsi, Dusun Cikeusi, Kecamatan Cisitu juga akan merasakan manfaat daripada jalan tersebut, sebab jalan tersebut bisa dijadikan jalan alternatif bagi warga dusun tersebut untuk mempersingkat waktu menuju Kecamatan Darmaraja.

“Banyak yang akan menerima manfaat setelah jalan tersebut mulus,” kata dia.

Selain itu, jalan tersebut juga bisa menghubungkan kepada Desa Cimarga yang ada di wilayah Kecamatan Cisitu, jadi akses jalan tersebut akan bermanfaat bagi 3 desa yaitu, Desa Cikeusi, Kecamatan Darmaraja dan Desa Cinangsi, Cimarga, Kecamatan Cisitu.
“Jadi jalan ini itu jadi perlintasan anatara 3 desa dan 2 kecamatan,” ucapnya.

Selain dari pengerjaan cor beton jalan yang panjangnya sekitar 1,5 km itu ada juga faktor pendukungnya seperti pengerjaan drinase dan tembok penahan tanah (TPT) nya, ditambah lagi dengan perbaikan 5 titik gorong-gorong yang ada di sepanjang jalan tersebut.

Sementara itu, warga setempat, Ade,mengaku bahwa perbaikan jalan tersebut memang sudah lama diidamkan oleh masyarakat. Karena menurutnya jalan tersebut bisa jadi pendorong atau perangsang bagi para petani untuk lebih giat lagi menjalankan aktivitas ke kebun atau sawahnya.
“Jalan ini memang sudah lama di idamkan, terutama oleh para petani, karena akan mempermudah pengangkutan hasil taninya,” ucapnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed