Bhakti Nusantara Miliki Kelas Khusus

Peliput/Editor: asep nurdin

Bhakti Nusantara Miliki Kelas Khusus

PRAKTIK: Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Nusantara Sumedang, H Jajang Suharnadi SE MPD, tengah menyaksikan siswa siswinya melakukan praktikum, kemarin. (ASEP NURDIN/SUMEKS)

KOTA – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Nusantara Sumedang, menjadi satu-satunya sekolah kejuruan di Sumedang, yang memiliki kelas khusus (Yamaha).

Seperti dikatakan Kepala Sekolah, H Jajang Suharnadi SE MPD, kelas khusus program unggulan tersebut, berawal dari keharusan sekolah menengah kejuruan yang membuka jejaring dengan dunia usaha dan dunia industri

“Komitmen MoU dangan Yamaha sudah kami lakukan sejak tahun 2010 silam,” katanya kepada Sumeks, Senin (7/11

Pada awlanya, kata Jajang, sekolah yang terletak di Jalan Angkrek Nomor 119 itu, hanya sebagai sekolah binaan saja. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan hasil pengawasan serta penilaian internal pihak Yamaha, maka dari hanya sebagai sekolah binaan kini menjadi sekolah yang memiliki kelas khusus Yamaha.

“Dengan struktur kurikulumnya mengikuti perkembangan kemajuan teknologi Yamaha terbaru. Seperti teknologi Blue Cord, siswa kami langsung mengikuti perkembangan teknologi tersebut dengan tenaga pengajar langsung didatangkan dari pihak Yamaha,” katanya menambahkan.

Jajang sendiri, mengaku bangga karena sekolahnya memiliki kelas khusus Yamaha. “Dengan fasilitas kelas ber-AC dan ruang bengkel sesuai dengan standar Yamaha,” tuturnya.

Mata pelajaran yang terdapat pada kurikulum kelas Yamaha ini, meliputi Pengetahuan Produk Yamaha, prinsip kerja sepeda motor, sistem bahan bakar, sistem injeksi bahan bakar, sistem pelumasan, sistem pendinginan, sistem pembuangan, sistem kelistrikan, sistem CVT, sistem pemindah daya, sistem rangka dan rumus perhitungan, alat ukur, peralatan bengkel Yamaha, tatakrama teknisi, perawatan berkala, operasional bengkel Yamaha, dan kepuasan pelanggan.

“Sedangkan untuk prakteknya, meliputi latihan praktek pengukuran, praktek perawatan berkala, praktek perawatan berkala CVT, praktek overhoul, praktek sistem prame, praktek sistem elektrik, dan On job training,” tambahnya.

Disebutkan, kerjasama antara SMK Bhakti Nusantara dengan Yamaha, sifatnya saling menguntungkan. “Industri perlu tenaga ahli, dan siswa kami pun tidak akan kesulitan mencari lapangan pekerjaan. Insya Allah luluan SMK Bhakti Nusantara langsung diterima bekerja di PT Yamaha Motor Indonesia,” tukasnya.

Bahkan kata dia, pihaknya memiliki program subsidi bagi siswa yang bersekolah di SMK Bhakti Nusantara, yang membeli sepeda motor Yamaha jenis apa saja. “Kita akan gratiskan DP-nya,” tutupnya. (mg1)t

Komentar

One Response to "Bhakti Nusantara Miliki Kelas Khusus"

  1. Pingback: SMK Bhakti Nusantara Miliki Kelas Khusus | SMK Bhakti Nusantara Sumedang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js