oleh

Blok Ciakar Jadi TPA Liar

BUAHDUA – Sampah di Blok Ciakar, Dusun Citaman, Desa Bojongloa, Kecamatan Buahdua, semakin menumpuk. Keberadaan sampah di blok itu, cukup mengganggu terutama bagi warga sekitarnya.
Meski sudah dibersihkan, tempat itu tetap menjadi pilihan warga untuk membuang sampah. Terutama, bagi warga daerah lain yang hanya menumpang membuang sampah di blok tersebut.

“Pembersihan di kawasan itu sering dilakukan. Baik oleh warga ataupun oleh pemerintahan Desa Bojongloa. Tetapi tetap saja, sampah menumpuk dalam bentuk karungan ketika kami melakukan kontrol setiap pagi,” kata Kepala Desa Bojongloa, Sunardi, kepada Sumeks melalui selulernya, kemarin (11/8).
Menurutnya, hal itu bahkan sempat dibahas dan didiskusikan antara dirinya dengan Camat Buahdua. Tetapi, tetap saja para pembuang sampah membuangnya di tempat itu.

“Dan terjadi hingga kini. Padahal kami sudah melakukan imbauan baik kepada warga Desa Bojongloa ataupun warga dari luar,” tuturnya.

Disebutkan Sunardi, sampah menumpuk di kawasan itu sudah lama terjadi. Dirinya akan kembali membersihkan kawasan itu dengan cara dibakar. Kemudian, akan memberi batasan kawasan itu dengan ram atau pagar. Setelah itu, lanjutnya, akan memberikan plang peringatan agar warga jangan membuang sampah di kawasan itu.

“Dengan adanya batasan dan plang tersebut, diharapkan para pembuang sampah tidak mengulangi perbuatannya. Sehingga, kawasan tersebut bersih dan terjaga,” tandasnya.

Namun, Sunardi menemui kendala dalam melakukan pemagaran itu. Dirinya beserta perangkat desa belum bertemu dengan warga yang memiliki lahan itu. “Kami akan berkoordinasi untuk membuat pemagaran dan pembuatan plang di daerah tersebut,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed