oleh

Blok Eba Ditumpuki Sampah

CISITU – Tumpukan sampah di sepanjang Jalan Rd Umar Wiradikusuma, mulai mengeluarkan aroma tidak sedap. Pasalnya, tumpukan sampah itu membusuk akibat terguyur hujan. Sampah yang terdapat di pinggiran jalan tersebut, memang bermacam-macam. Seperti sampah rumah tangga dan sampah pasar yang mudah membusuk.

Hal itu, mengakibatkan kurangnya kenyamanan saat melintas di titik-titik tempat biasa sampah menumpuk. Seperti salah satunya di betulan Eba, Desa Cinangsi, sampah yang belum diketahui secara jelas darimana datangnya itu, selalu membuat pengendara harus menutup hidungnya.

“Sampah di sini memang selalu banyak dan mengeluarkan bau tak sedap, apa lagi di musim hujan seperti sekarang,” kata salah seorang pengguna jalan yang melintas, Rita, saat berbincang dengan Sumedang Ekspres, Minggu (8/11).

Selain itu, terkadang sampah terbawa air dan akhirnya berserakan di jalan. Tanpa disadari, hal itu bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, sebab sampah yang berserakan di jalan bisa membuat jalanan jadi licin, apalagi saat ada sampah seperti kulit pisang dan yang lainnya.

“Kalau hujan nya besar, air kadang membawa sampah ini ketengah jalan dan akhirnya berserakan di jalan,” ucapnya lagi.

Dikonfirmasi, pemerintah Desa Cinangsi, Kecamatan Cisitu, Eman, S.E, yang punya wilayah blok eba, menduga sampah itu berasal dari luar yang sengaja mebuang sampah di tempat itu. Sebab masyarakat sekitar, biasanya sampah-sampahnya itu dibakar.

“Kita juga bingung, darimana datangnya sampah itu sampai menumpuk di pinggir jalan. Kalau warga sini setahu saya tidak membuang kesitu,” katanya.

Untuk itu, diharapkan ada tindakan dari pihak terkait untuk membersihkan sampah yang terdapat di pinggir jalan dan kalaupun ada warga stempat yang membuang sampah di wilayah itu untuk tidak melakukannya lagi. Begitu pula himbauan kepada orang luar yang selalu membuang sampah sembarang untuk tidak mengulangnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed