BNI Berikan Pemahaman Perbankan

Peliput/Editor: ASEP HERDIANA/SUMEKS

BNI Berikan Pemahaman Perbankan

Kepada PKK dan Dharma Wanita

BERIKAN HADIAH: Kepala Cabang BNI Sumedang Hendri Haryanto saat memberikan hadiah kepada peserta kegiatan, kemarin.

KOTA – Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Sumedang terus menunjukkan eksistensi dan konsistensinya dalam mendukung setiap program kerja Pemerintah Kabupaten Sumedang. Hal itu dibuktikan dengan dilaksanakannya kegiatan-kegiatan edukasi terkait pengetahuan perbankan kepada masyarakat.

Selain itu, ada juga kegiatan yang dilaksanakan berupa pelatihan dan pemberian materi pengetahuan tentang ekonomi kerakyatan. Terutama, Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta pengetahuan perbankan kepada pelaku dan penggerak usaha.

Seperti kegiatan yang dilaksanakan, Selasa (10/10). Kegiatan dilakukan di Gedung Negara Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kab Sumedang. Dalam kegiatan itu, BNI Cabang Sumedang merangkul para kader penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sumedang untuk bersinergi dalam memberikan pemahaman terkait transaksi non tunai perbankan yang sekarang sedang digalakkan pemerintah pusat

“Salah satu peran perbankan bukan hanya dalam melakukan pelayanan terkait perbankan, tetapi kami juga mempunya tanggung jawab dalam peranan mengedukasi masyarakat perihal pengetahuan perbankan. Pada kesempatan ini, kami memberikan pemahaman terkait transaksi non tunai, yang saat ini sedang gencar digalakan oleh pemerintah pusat, ” kata Kepala Cabang BNI Sumedang Hendri Haryanto, saat diwawancara usai kegiatan, kemarin (10/10).

Hendri mengungkapkan, sebagai lembaga intermediasi dan pelaksana sistem pembayaran, BNI memiliki peranan penting dalam perekonomian pemerintah. Mengingat, pangsa perbankan yang masih sangat mendominasi sistem keuangan.

“Untuk itu, agar pelaksanaan fungsi intermediasi dan sistem pembayaran tersebut dapat berjalan dengan efektif, kegiatan usaha yang dilakukan bank serta produk dan jasa yang ditawarkannya perlu diketahui dengan baik oleh masyarakat yang akan memanfaatkannya. Sehingga, interaksi antara bank dengan masyarakat dapat berjalan dengan semestinya dimana hak dan kewajiban masing-masing pihak dapat terpenuhi,” kata Hendri.

Lebih lanjut, Hendri menambahkan, BNI juga memberikan solusi pengelolaan transaksi keuangan yang terintegrasi dengan mencakup aspek perekonomian di daerah. Hal itu berupa cakupan transaksi keuangan di bidang kesehatan, pendidikan serta sektor pertanian. Mulai dari hulu ke hilir dengan memberikan infrastruktur teknologi perbankan terkini yavg komprehensif.

“Tak lama lagi BNI dengan Pemkab Sumedang akan menandatangani MOU terkait solusi pengelolaan keuangan daerah yang berkonsep Smart City berbasis digital. Jadi, nanti dari mulai bayar Pajak daerah, PBB, bayar PDAM, pendidikan dan kesehatan semuanya bisa dilakukan dengan mudah,“ terangnya.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh ketua Penggerak PKK Kabupaten Sumedang Hj Hanne Budi Eka Setiawan BA. Hanne menyebutkan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Sebab, menurut Hanneu, pada kenyataannya dalam penyelenggaraan operasional perbankan masih terdapat banyak permasalahan yang terjadi antara perbankan dan masyarakat.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Sebab, salah satu penyebab terjadinya permasalahan perbankan adalah belum memadainya tingkat pengetahuan dan pemahaman masyarakat di bidang keuangan. Khususnya, perbankan. Tentunya, ini dapat menghambat pemanfaatan bank dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik di masa depan,” kata Hanne.

Di akhir kegiatan, Hanne juga berpesan agar setiap anggota penggerak PKK ikut serta menyampaikan dan mensosialisasikan pengetahuan tersebut kepada masyarakat luas di daerahnya masing-masing. (her)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.