BPBD Pantau Rawan Kekeringan

Peliput/Editor: Asep Herdiana/Iman Nurman

BPBD Pantau Rawan Kekeringan

AMBIL AIR: Memasuki musim kemarau tahun ini sejumlah kasawan rawan kekeringan terus dipantau dari kesulitan mendapatkan air. (NET/ILUSTRASI)

SUMEDANG – Memasuki musim kemarau, sejumlah kawasan di Kabupaten Sumedang diprediksi akan mengalami kesulitan air bersih. Hal ini didasarkan atas pengalaman tahun tahun sebelumnya terjadi kekeringan. mengantisipasi hal tersebut, BPBD Kabupaten Sumedang kini terus menantau titik-titik yang dianggap rawan dan siap memberikan bantuan bila dibutuhkan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang H Ayi Rusmana ketika dikonfirmasi kemarin (15/8) mengatakan, titik yang dianggap rawan terhadap kekeringan khususnya terkait kebutuhan air bersih adalah daerah Ujungjaya dan Jingkang Kecamatan Tanjungmedar.

“Pengalaman tahun lalu saat musim kemarau, dua daerah tersebut memang termasuk rawan kebutuhan air bersih. Sehingga BPBD suka menyediakan dengan cara mendropnya,” terang H Ayi. Namun demikian untuk saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait kesulitan air bersih berkenaan dengan musim kemarau. Akan tetapi pihaknya sudah siap untuk mengantisipasi.

“Beberapa petugas telah kita siapkan termasuk koordinasi dengan pihak PDAM. Jadi ketika dibutuhkan mereka langsung terjun ke lapangan,” tuturnya. Dijelaskan Ayi, terkait datangnya musim kemarau ini pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pihak BMKG dan informasi terakhir curah hujan di wilayah Sumedang berkurang. Namun demikian masih dimungkinkan terjadi hujan di beberapa tempat. (her)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.