BRI Pasang Anti Skimmer

BRI Pasang Anti Skimmer

BERI KETERANGAN: Supervisor Penunjang Operasional BRI Cabang Sumedang Awal Waluya Kusumaharja ditemui di ruang kerjanya, kemarin. (ASEP NURDIN/SUMEKS)

PEWARTA: ASEP NURDIN/SUMEKS

Nasabah Tetap Hati-hati

KOTA – Upaya mengantisipasi kejahatan Skimmer atau pembobolan uang melalui ATM, Bank BRI Cabang Sumedang, telah memasang alat anti Skimmer. Hal itu dilakukan di seluruh mesin ATM BRI yang tersebar di Sumedang.

“Ada sebanyak 72 unit mesin ATM tarik tunai ditambah 14 unit mesin setor dan tarik tunai yang kami miliki. Semuanya sudah kita pasang alat anti skimmer,” kata Supervisor Penunjang Operasional BRI Cabang Sumedang Awal Waluya Kusumaharja, ditemui Sumeks di ruang kerjanya, kemarin (19/3).

Dengan begitu, Kata Awal, cukup sulit bagi para pelaku pembobol uang di ATM untuk melancarkan aksinya. Karena sebelum melakukan Skimmer, pelaku terlebih dahulu harus memasang alat khusus pada kartu ATM.

“Alat yang menempel pada kartu ATM tersebut memiliki fungsi untuk merekam data-data yang ada di kartu ATM. Selain itu, sindikat juga memasang kamera CCTV untuk memonitor nomor PIN yang dimiliki nasabah,” ujarnya.

Sehingga, kata Awal, bila keduanya sudah dikantongi, maka akan dengan mudah sindikat pembobol ATM itu menguras uang yang dimiliki nasabah.

Kendati sudah dipasang alat anti Skimmer, namun pihaknya tetap mengingatkan kepada para nasabah, untuk hati-hati dan waspada saat berada di ATM.

“Misalnya di tempat memasukan kartu ada benda mencurigakan, langsung laporkan kepada kami,” imbaunya.
Hal itu, menurut Awal, dapat diketahui pada saat memasukan kartu ke ATM, akan terasa macet.

“Jika ada yang menawarkan untuk membantu, maka tolak saja tawaran orang tersebut,” sebutnya.
Begitupun, jika ditemukan adanya kamera CCTV yang bukan standar, maka harus segera melapor pula.

Selain itu, untuk mengantisipasi data ATM terdeteksi para penjahat, pihaknya menyarankan untuk senantiasa mengganti nomor PIN secara berkala.

“Nomor PIN juga jangan menggunakan nomor-nomor standar atau nomor tanggal lahir,” ucapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.