Senin, 3 Agustus 2020

Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

Sekdes Cikole Ajid (kanan) ketika ditemui Sumeks di ruangan kerjanya

BST Tahap Dua Cair, Pemdes Harap Bantuan Lain Segera Turun

SUMEDANGEKSPRES – Tahap dua penyaluran bantuan sosial tunai (BST) sudah dilaksanakan di Desa Cikole Kecamatan Cimalaka pada 8 Juni. Namun demikian, baru untuk 72 kepala keluarga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos.

Sedangkan penyaluran bantuan dari sejumlah pos anggaran lainnya, masih menunggu proses. Sebab itu, pihak desa mengimbau warga yang belum mendapat bantuan pada tahap dua ini, untuk bersabar.

“Tahap dua ini, yang cair baru dari Kemensos untuk 72 kepala keluarga. Sedangkan sembilan KK data susulan akan disalurkan setelah proses rampung dari Kemensos,” ujar Sekdes Cikole Ajid kepada Sumeks, kemarin.

Ajid membeberkan, warga penerima bantuan pemerintah terdiri dari, bantuan Kemensos untuk 42 KK berupa tunai dan nontunai, BLT kabupaten sebanyak 31 KK berupa uang tunai, BST Kemensos sebanyak 72 KK ditambah data susulan sebanyak  9 KK, bantuan sapa warga sebanyak 188 KK tunai nontunai, BLT dana desa sebanyak 106 KK. Program Keluarga Harapan 286 KK dan program BNPT sebanyak 65 KK.

“Tahap kedua BST sudah cair untuk 72 KK pada 8 Juni kemarin. Tinggal menunggu bantuan lainnya, seperti dari program sapa warga dan lainnya,” ujar Ajid.

Saat ini, pihak desa pun sedang mempersiapkan proses BLT dana desa. Namun, masih menunggu pencairan dana desa dari pemerintah pusat. “Mudah-mudahan saja dana desa segera cair, sehingga BLT tahap dua segera bisa dicairkan,” harap Ajid.

Terkait penggunaan dana desa tahap pertama, Pemdes Cikole sudah mengalokasi lkan untuk berbagai pembangunan. Di antaranya, rabat beton, pengaspalan, pembuatan jalan gang dan rutilahu

“Program rutilahu sudah laksanakan untuk empat rumah artinya masing masing RW mendapat jatah program rutilahu,” tuturnya. (ahm/red)