Budaya Tradisional Sumedang Disukai Siswa Negara Gajah Putih

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Budaya Tradisional Sumedang Disukai Siswa Negara Gajah Putih

TARI: Sejumlah siswa yang didatangkan dari Thailand menari Tari Umbul di SMKN Situraja.(IST)

Pelajar Thailand Mulai Lihai Tari Umbul

Para pelajar dari Negara Thailand mengakui budaya tradisional Sumedang itu unik dan beragam. Mereka senang dengan beberapa tampilan keseniannya salah satunya tari umbul. Hal itu terlihat dalam acara perpisahan yang digelar di SMKN Situraja.

HERI PURNAMA,Situraja

DALAM waktu dua pekan, para pelajar Thailand yang didatangkan ke SMKN Situraja di Desa Sukatali Kecamatan Situraja, dengan giatnya telah belajar kesenian tradisional.

Bahkan saking senangnya dengan kesenian yang diajarkan pihak sekolah kepada beberapa pelajar itu, mereka sampai mencoba memperagakan gerakan-gerakan Tari Umbul.

Dengan piawainya, beberapa pelajar dari Negeri Gajah Putih itu, memperagakan gerakan Seni Tari Umbul. Dan satu kata yang diungkapkan pelajar itu untuk seni tradisional Sumedang, yaitu ‘Beautiful’ (indah).

Kepala SMKN Situraja Dra Elis Herawati Mpd menyebutkan, melihat antusiasme para pelajar dari negara tetangga mempelajari kesenian yang ada di Sumedang, seharusnya menjadi sebuah dorongan untuk para generasi muda yang ada di Sumedang agar lebih mencintai budayanya sendiri.

“Orang lain saja suka dengan seni budaya kita, masa kita sebagai pemiliknya gak merasa bangga,” ucapnya, belum lama ini.
Menurutnya, beragam seni budaya yang dimiliki Sumedang itu, menjadi identitas bagi Kabupaten Sumedang sendiri. Maka tak heran, jika Sumedang mendapat julukan sebagai Puseuer Budaya Sunda. Oleh sebab itu, masyarakat Sumedang harus memiliki jiwa seni tradisional.

“Jangan sampai julukan yang sudah disandang oleh Sumedang ini tidak sesuai dengan kenyataannya,” ucapnya.
Pada dasarnya, untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap seni budaya yang ada di kota tahu ini, maka mereka harus memulainya dengan dasar hobi dan punya rasa memiliki.

“Kita ini harus mengenal dan menjadi penikmat kesenian tradisional. Dengan begitu, dengan sendirinya kita akan mencintai seni budaya kita,” tuturnya.

Selain itu, siswa luar negeri yang ikut belajar di SMKN Situraja, juga sangat menyukai berbagai menu khas sunda. Terutama tahu Sumedang.

“Bukan hanya keseniannya saja, tapi mereka juga menyukai kuliner khas sunda,” ucapnya.
Elis berharap, Seni Budaya Tradiaional Sumedang bisa dikenal di mancanegara. Sehingga di Indonesia jangan hanya kesenian dan budaya saja yang dikenal dunia, tapi kelebihan Sumedang juga harus dikenal.

Menurutnya, pada Oktober 2018 mendatang, SMKN Situraja juga, merencanakan untuk mengirim siswa siswinya ke Thailand.
“Saya ingin kesenian Sumedang bisa memikat mata dunia,” pungkasnya. (**)

Caption:para siswi thailand belajar tari umbul

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js