Buku Sastra Masih Minim

Buku Sastra Masih Minim

PILIH BUKU: Seorang siswa sekolah dasar di Darmaraja, memilih buku bacaan di perpustakaan, beberapa waktu lalu. (Heri purnama/sumeks)

Peliput/Editor: heri purnama/usep adhiwihanda

DARMARAJA – Minimnya buku sastra bagi anak-anak usia sekolah dasar (SD), membuat perhatian mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Sebelas April Sumedang. Mereka menerbitkan buku Sastra Anak dengan judul Balon Terbang. Sebanyak 62 mahasiswa ikut mengisi buku sastra ini.

Menurut sastrawan sekaligus dosen PGSD STKIP SAS, Windu Mandela M Pd, usia anak ialah usia imajinatif. Sehingga perlu adanya stimulus dari luar agar daya imajinatif anak dapat tumbuh berkembang.

“Dunia anak ialah dunia imajinatif, harus ada rangsangan dari luar untuk mengembangkannya, salahsatunya melalui sastra,” ungkap Windu saat ditemui di rumahnya di Kecamatan Darmaraja, Jumat (23/10).

Dikatakan Windu, sastra memiliki peranan penting bagi daya tumbuh anak. Pasalnya, dalam sebuah karya sastra terdapat banyak nilai kehidupan yang patut dicontoh. “Simak saja cerita Si Kancil, di situ akan ada banyak nilai kehidupan yang bagus untuk dijadikan contoh bagi anak-anak,” katanya.

Selain untuk bahan baca anak, buku ini juga diperuntukan sebagai pegangan guru SD dan memberi pengalaman kepada mahasiswa untuk menulis Sastra Anak. Guru SD diharapkan banyak memiliki referensi bahan ajar sastra.

“Yang menulis buku ini kan mahasiswa yang notabenenya calon guru SD. Saya harap selain memberi pengalaman menulis sastra, buku ini bisa jadi sebagai bahan ajar,” ujarnya.
Windu berharap, buku yang diberi endors tokoh sastra nasional ini, diantaranya Prof Eka Budianta, guru besar Universitas Indonesia dan Acep Zamzam Noor, dapat masuk ke seluruh perpustakaan di Kabupaten Sumedang.

“Saya harap dinas pendidikan mengapresiasi apa yang kami lakukan, dan membantu agar buku ini dapat menyebar di seluruh perpustakaan di Sumedang, khususnya di SD,” pungkas Windu Mandela, yang juga Ketua Sirung Sastra. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.