oleh

Cijati Targetkan Pembangunan Tempat Sampah

SUMEDANG – Pemerintah Desa Cijati Kecamatan Situraja, menargetkan membangun penampungan sampah di Tanah Kas Desa (TKD). Hasil survei pihak desa, selama ini masyarakat desa tersebut, masih  membuang sampah sembarangan. Oleh sebab itu, pihaknya menargetkan tempat penampungan sampah di Tahun 2020 ini.

Kepala Desa Cijati, Asep Junjun Junaedi menyebutkan, saat ini masih banyak tumpukan sampah di saluran irigasi. Hal itu, menjadi salahsatu faktor terjadinya banjir dan longsor, karena penyumbatan air yang disebabkan tumpukan sampah. “Banyak terjadi longsor karena disebabkan oleh sumbatan air,” kata dia, kemarin (6/1).

Dalam hal ini, untuk menekan terjadinya banjir dan longsor, pembangunan tempat pembuangan sampah harus terealisasi. “Kalau sudah ada tempat penampungan sampah, jadi sampah dari warga itu akan dipusatkan di satu titik,” ujarnya.

Selain itu, dengan adanya realisasi penampungan sampah, akan ada pemberdayaan untuk linmas. Pihak desa, akan menggunakan linmas untuk mengangkut sampah dari pemukiman warga. “Kita juga akan libatkan linmas untuk pemungutan sampahnya,” tutur kades.

Secara tidak langsung, selain pemukiman bisa tertib dari sampah yang berserakan, linmas juga bisa punya penghasilan dari jasa angkut sampah tersebut. Bahkan untuk kedepannya, akan ada pengelolaan sampah. “Untuk kedepannya kita juga bangun pengelolaan sampahnya,” tukasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed