oleh

Bupati Minta Kades Pelajari Buku Desa Butuh Lo Sob!

SUMEDANGEKSPRES.COM – Bupati Sumedang Dr H Dony Ahmad Munir ST MM mengapresiasi Dr. Reza Zaki, S.H., MA, AWP, CIQnR, CRMO selaku penulis buku “Desa Butuh Lo Sob!”

Dony menilai, buku karya dari salah satu putra terbaik Sumedang ini, sangat bermanfaat, tidak hanya bagi pemerintahan desa di Sumedang, melainkan juga bagi pembangunan desa di tanah air.

“Buka karya Kang Reza Zaki ini, menunjukkan bahwa anak muda Sumedang bisa berkarya membangun kampung halaman, salah satunya dengan menulis buku yang bermanfaat bagi pembangunan desa di Indonesia,” ujar Dony ketika diskusi dengan Reza Zaki di Gedung Negara Sumedang, baru-baru ini.

Dalam pertemuan yang sederhana itu, didampingi beberapa Kepala Dinas dan Asisten Bupati Sumedang, diskusi berlangsung santai membahas tentang pengembangan desa kedepan.

Bahkan, Dony sempat bercerita pengalamannya belajar saemaul undong di Korea Selatan. Dia begitu terpikat ketika berada di negeri ginseng itu, dan mempelajari konsep Korea Selatan membangun negaranya dari desa.

Dony juga mengatakan, orientasi desa di Sumedang yang kini sudah dilengkapi dengan SAKIP Desa, ingin membangun transparansi dan akuntabilitas desa. “Terlebih situasi covid-19 ini dana desa kurang lebih 70 persen dipergunakan untuk menangani pandemi di setiap daerah,” kata Bupati Dony.

Bupati berharap, penulis buku “Desa Butuh Lo Sob!” ini tidak sungkan dan bosan memberikan masukan kepada Pemkab Sumedang, khususnya dalam pengembangan desa.

Di samping itu, Buku “Desa Butuh Lo Sob!” yang diterbitkan oleh Putra Daerah Membangun dan KPG Gramedia merupakan buku yang mengulas tentang kewirausahaan sosial di Indonesia.

Menurut Gramedia, buku ini merupakan buku yang membahas Kewirausahaan Sosial Terlengkap di Indonesia sampai saat ini. Buku ini sudah tersebar di seluruh Toko Buku Gramedia di Indonesia.

Buku ini juga digagas oleh Forum Putra Daerah Membangun. Forum putra/i daerah yang tersebar di 34 Provinsi dimana mereka bergerak untuk membangun kampung halaman.

Sudah ada satu juta orang di Indonesia yang menerima dampaknya. Dan sudah mendapatkan penghargaan nasional dan internasional.

Dr. Reza Zaki, S.H., MA, AWP, CIQnR, CRMO atau yang biasa dipanggil Zaki, merupakan Koordinator Umum Putra Daerah Membangun yang merupakan putra asli Desa Ganeas, Kabupaten Sumedang.

Zaki juga merupakan Ketua Yayasan Rumah Imperium di Kabupaten Sumedang yang fokus pada program kewirausahaan sosial sejak tahun 2012.

Zaki mengucapkan terima kasih atas apresiasi pemimpin tertinggi di Kabupaten Sumedang yang merespon dengan berkolaborasi ke seluruh desa di Sumedang agar pengelolaan desa dapat lebih baik ke depannya. (red/rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.