oleh

Bupati Sumedang Akan Bangun Museum Tahu

SUMEDANG – Untuk menjaga kelestarian Tahu Sumedang dan ciri khas Sumedang sebagai kota tahu, Pemerintah Kabupaten Sumedang rencananya akan membangun museum Tahu Sumedang. Sebagai langkah awal, Bupati Sumedang Dony Ahmad munir, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, Sekda Herman Suryatman, Persatuan Pengusaha Tahu Sumedang (Pertasum) dan Camat se Kabupaten Sumedang, mengadakan acara Coffee Morning membahas Pembangunan Museum Tahu Sumedang, di Halaman Belakang Gedung Negara, Selasa (5/11).

Acara tersebut digagas para pengusaha Tahu agar bisa tetap Eksis terhadap dampak tol di Kabupaten Sumedang, dan Kualitas tahu Sumedang (cita rasa dan higienis).

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan pembangunan museum tahu Sumedang itu tujuannya agar masyarakat di Kabupaten Sumedang bisa melihat cara membuat tahu tradisional khas Kabupaten Sumedang.

“Para pengusaha tahu yang berada di Kabupaten Sumedang akan diberikan lahan untuk membuka toko tahu di Rest Area Tol Cisimdawu, dan untuk kualitas tahu di Kabupaten Sumedang. Pemerintah akan memperhatikan penyajian tahu baik berupa bongsang, ataupun daun pisang yang digunakan untuk membukus tahu,” katanya.

Dony menambahkan pasakon kedelai untuk pengusaha tahu kebanyakan ekspor dari luar negri. Dikarenakan harga kedelai lokal masih tergolong mahal, karena kurangnya lahan untuk menanam kacang kedelai. Sementara di luar negeri harga kacang kedelai sangat lah murah dan kualitasnya pun bagus.

“Untuk itu pemerintah akan menyediakan lahan untuk membudidayakan kacang kedelai. Kita akan menyediakan lahan untuk menanam kacang kedelai di Kabupaten Sumedang. Untuk saat ini kacang kedelai masih ekspor dari luar negeri,” pungkasnya. (cr1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed