Buronan Aksi Curas Diciduk

Buronan Aksi Curas Diciduk

BERHASIL DITANGKAP: Pelaku curas (tengah) berhasil diamankan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sumedang.

PEWARTA: IST

Dua Pelaku Lain Sudah Diponis

KOTA – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sumedang, berhasil mengamankan seorang buronan pelaku tindak pencurian dengan kekerasan (curas), Senin (4/12). Pelaku tersebut yakni Kuswa alias Iwa bin Rahmat, 29, warga Sarimekar Kecamatan Jatinunggal.

Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata SIK melalui Kasat Reskrim AKP Dede Iskandar SSos mengatakan, aksi curas tersebut dilakukan tersangka pada Dasiah Alias Iyut Binti Mustawi. Korban merupakan warga RT 01 RW 02 Dusun Cibala Tonggoh Desa Sarimekar Kecamatan Jatinunggal. Kejadiannya terjadi pada Rabu tanggal 2 Juni 2010 lalu sekitar pukul 03.00 pagi.

Aksi curas ini dilakukan pelaku pada saat korban akan berangkat ke pasar. Tiba-tiba, korban dikagetkan dengan kedatangan dua orang yang memakai topeng.

“Kemudian melakukan perbuatannya dengan cara membekap mulut korban, lalu membawa korban ke tempat sepi yang tidak jauh dari tempat korban menunggu kendaraan,” jelasnya.

Pada saat itu, lanjut kasatreskrim, pelaku merampas perhiasan emas milik korban yang terdiri dari 80 gram gelang emas, 55 gram kalung emas, lima gram cincin emas, serta uang tunai sebesar Rp 170.000.

“Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp 37.670.000,” katanya.

Penangkapan tersangka, lanjut Dede, merupakan hasil pengembangan dari tiga tersangka lainnya yang kini sudah dijatuhi ponis hukuman.

“Tersangka kini mendekam di ruang tahanan Mapolres Sumedang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” tuturnya seraya menyatakan pelaku telah melanggar pasal 365 KUH Pidana dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.