Cadas Pangeran Rawan Pohon Tumbang

Cadas Pangeran Rawan Pohon Tumbang

TUTUP JALAN: Sebuah pohon tumbang menutup Jalan Raya Cadas Pangeran saat hujan disertai angina, belum lama ini. (IST)

PEWARTA: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Antisipasi Harus Terus Dilakukan

SUMEDANG – Demi keselamatan pengendara atau pejalan kaki, sebaiknya dinas terkait Kabupaten Sumedang, segera melakukan penebangan pohon di beberapa titik. Terutama di sekitar Jaran Raya Cadas Pangeran.

Belum lama ini, sudah dua kali terjadi pohon tumbang. Satu kali memakan korban jiwa dan satu kali lagi harta benda.
Meski begitu, sudah ada langkah dari pihak terkait dengan mengambil langkah penebangan. Hanya saja, kembali terjadi pohon tumbang saat terjadi hujan besar.

“Mengingat hujan lebat disertai angin kencang kerap melanda wilayah Sumedang dan sekitarnya. Ada beberapa titik rawan longsor dan pohon tumbang, sebaiknya harus ada antisipasi jangan sampai terjadi korban lagi,” terang pemerhati lingkungan Dede Suhendar, 33, yang juga warga Cigendel Kecamatan Pamulihan, kemarin (18/3).

Menurutnya, sejauh ini pihak pemerintah terkait telah melakukan penebangan pohon selama musim hujan berlangsung. “Untuk antisipasi, pemangkasan pada pohon tua sampai penebangan pohon sebaiknya terus kita lakukan. Jangan hanya di sekitar Cadas Pengeran saja,” ujarnya.

Dia, mengajak semua pihak turut andil dalam mengantisipasi terjadinya pohon tumbang. “Misal kalau ada pohon yang dihawatirkan tumbang bisa lapor langsung ke pihak pemerintah, bisa lewat media sosial atau langsung datang ke kantor bersangkutan,” tuturnya.

Tak hanya itu, Dede juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak berteduh atau memarkirkan kendaraan di bawah pohon, terutama pohon berukuran besar.

“Di musim penghujan, kalau lagi hujan lebat atau angin kencang lebih baik tidak berteduh atau parkir kendaraan di tempat yang banyak pohon besarnya. Karena pohon berpotensi tumbang bila kondisi cuaca sedang hujan,” tandasnya. (kos)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.