Camat Pamulihan Pantau Realisasi DD

Peliput/Editor: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Camat Pamulihan Pantau Realisasi DD

PANTAU: Camat Pamulihan Hari Tri Santosa memantau realisasi program DD pada pengecoran jalan di Dusun Cikupa Desa Cilembu dengan panjang 500 meter lebar 2,5 meter. Pengecoran jalan itu didanai juga dari swadaya masyarakat sepanjang 150 meter lebar 2,5 meter.

PAMULIHAN – Realisasi Dana Desa (DD) menjadi atensi khusus pemerintah Kecamatan Pamulihan.

Kepala Desa Cileumbu Koko Komarudin mengatakan, kegiatan pembangunan infrastruktur jalan yang didanai dari DD sudah berjalan. Bahkan saat ini, ada realisasi pengecoran jalan di Desa Cilembu lokasinya di Dusun Cikupa RW 05 dengan panjang 500 meter lebar 2,5 meter khusus di danai dari DD. Sedangkan yang di danai dari swadaya masyarakat sepanjang 150 meter lebar 2,5 meter.

Secara langsung, Camat Pamulihan Hari Tri Santosa turun memantau pengerjaan infrastruktur. Pihak desa sendiri menyambut baik kedatanganya dan siap mendapat masukan. Begitu juga koreksi dan pengawasan yang dilakukan semata untuk memperbaiki pengelolaan Dana Desa. Realisasi program dari dana tersebut, juga harus berjalan baik.

“Apalagi, selain melakukan pengecekan, Pa camat juga memberi pembinaan kepada perangkat desa. Pembinaan itu sangat membantu perangkat desa dalam merealisasikan dana desa itu,” kata Koko kepada Sumeks, kemarin (11/12).

Pihaknya berharap, kedatangan camat itu memberi dampak positif pada pengelolaan DD.

Camat Pamulihan membenarkan kedatangannya ke Desa Cilembu untuk melaksanakan kegiatan pemantauan realisasi Dana Desa. Ditegaskanya, pemantauan itu dilakukan agar program tepat sasaran dan tidak berdampak hukum.

Selain itu, kata Hari, monitoring realisasi DD dilaksanakan di beberapa desa lainnya yang telah melaksanakan program itu. Termasuk di Desa Cinangerang Dusun Cinangerang, ada pembangunan jalan sepanjang 300 meter dengan melibatkan warga sebanyak 208 orang.

“Keterlibatan warga itu sebagai wujud kebersamaan warga dengan pemerintah desa dalam merealisasikan Dana Desa. Warga ikut melibatkan diri dalam pekerjaan sebagai tanda swadaya masyarakat dengan menyumbangkan tenaga,” tuturnya.

Pihak kecamatan juga mengecek laporan pertanggungjawabannya. Kades dan perangkat desa juga diberi pembinaan. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.